Monday, September 19, 2011

Bussines Seminar

Kalau saya melihat 52 tahun lalu, saya ingat bagaimana saya datang kepada tuhan sebagai orang yang buta huruf dan tidak tahu banyak, saya tidak pernah berhasil lulus sekolah, saya punya 4 ayah dan 2 ibu dan sebagian besar anggota keluarga saya ada di penjara.

Tetapi pada saat Kristus masuk dalam hidup saya 52 tahun lalu, Tuhan mengubah hidup saya. Ia memberikan saya 2 mimpi. Yang satu adalah mimpi untuk melihat berapa banyak uang yang manusia bisa berikan selama mereka hidup.Dan yang kedua adalah bagaimana merubah keadaan dunia selama 300 tahun. Mungkin Anda berpikir itu adalah ide yang gila karena bagaimana mungkin seseorang mengubahkan dunia selama hidupnya?

Tetapi Musa mengubah dunia selama hidupnya.Daud mengubah hidupnya selama hidupnya. Rasul Paulus juga. Bahkan kita mengenal Mahatma Gandhi dan Ibu Teresa yang juga mengubah dunia selama hidupnya. Winston Churchill, Dr Martin Luther King juga. Anda juga bisa mengubahkan dunia selama hidup Anda.

Dalam 50 tahun kita sudah masuk ke masa dunia baru dimana ada dunia antariksa, dunia atom, masa komputer dan teknologi. Pengharapan orang akan hidup sudah bertambah 15 tahun dari rata-rata sebelumnya. Populasi sudah berlipat ganda dan ada 56 negara baru yang muncu 50 tahun ini.

Tetapi ada sesuatu yang baru yang terjadi dalam kehidupan orang kristen di sepanjang sejarah dunia ini. Kita penuh dengan ketakutan, bukan iman. Kita takut kepada dunia dimana kita hidup di dalamnya, dan kita menginginkan segala sesuatunya tetap sama dan tidak berubah. Tapi tidak ada yang sepermanen perubahan itu sendiri. Saya ingin memberikan anda ilustrasi tentang perubahan itu.

Ada sebuah perubahan yang terjadi pada diri seorang kosmonot rusia bernama Sergy Serkalov dan terjadi di malam tahun baru 1992. peristiwa ini terjadi pada saat jaman komunisme runtuh di rusia dan jatuhnya negara USSR dan pecah menjadi beberapa negara independen karena Sergy Serkalov diluncurkan 7 bulan sebelumnya dari sebuah tempat peluncuran. Ia adalah bagian dari orang anggota terhormat dari partai komunis rusia. Dan dengan tanda USSR yang terpampang di helm kosmonotnya, ia diperhadapkan dengan tantangan yang akan terjadi. karena pada saat ia kembali saat malam tahun 1992 itu ia menemukan bahwa kartu anggota dan lambang USSR yang ia banggakan tersebut menjadi barang yang ilegal.

Saya berharap Anda bisa bersama dengan saya saat saya bertemu dengan PBB dan pemimpin dunia saat perubahan demi perubahan terjadi. Dan apa yang kita alami pada saat itu, kita berpikir bahwa semuanya baru. tetapi perubahan baru itu sendiri tidak baru. Perubahan yang terjadi itu adalah awal dari sesuatu dan sebuah hikmat yang bisa didapatkan. Johannes Guttenberg dengan mesin cetak, reformasi oleh martin luther, adopsi angka arab yang bisa diterima oleh bangsa barat,james watt dengan mesin uap, revolusi industri mesin oleh inggris, komunisme, kapitalisme, perang dunia, semua itu adalah perubahan yang kapanpun bisa terjadi kepada manusia.

Dan itu sebabnya, perubahan itu harusnya masih tetap ada dan terus berjalan, tapi juga kita harus berhikmat dan penuh persiapan untuk menerima abad yang baru. Apabila anda melihat adanya perubahan di bidang ekonomi dan politik, itu semua sejalan dengan kaleidoskop dari jaman yang ada. Dan dimana semua bagian yang ada di dalamnya itu sebenarnya adalah bagian yang sama namun sepertinya ada perputaran dan ada perubahan dashyat di dalamnya, sehingga pola yang terjadi berubah menunjukkan sesuatu yang sepertinya baru.

Dan sebagaimana kita menciptakan suasana, dan begitu dashyatnya katastrohic sehingga sulit untuk dipahami oleh otak kita. kita sekali lagi ada di titik yang begitu penting di jaman dunia kita. Pertarungan yang terbesar di dunia ini sudah berjalan dimana kontes persaingannya adalah di market / pasar dunia. Pemain utamanya adalah jepang, jerman dan amerika. dengan cina, india dan asia yang terus mengejar dan sedang bersaing untuk menjadi penguasa yang menguasai dunia.

Perang dingin sudah selesai, dan perdamaian yang dingin sudah diawali. Anda bisa baca di koran, Anda bisa lihat di koran, Anda bisa mendengar dari politisi, Anda bisa rasakan itu dari pajak yang anda bayar. Itu adalah sesuatu yang Anda tidak bisa hindari,pertimbangkan dan tidak bisa diremehkan sama sekali. Yang menang jumlahnya akan lebih sedikit dan yang kalah jumlahnya akan sangat banyak dan pertarungan ini akan berlangsung setidaknya 20 tahun. Hal ini akan menyeimbangkan kekuatan di tahun-tahun mendatang.

Untuk bisa memimpin di masa mendatang, kita harus menghadapi apa yang biasanya kita hindari yaitu berubah. Sebelum Anda merubah keyakinan Anda, seringkali manusia kecenderungannya adalah bahwa fakta yang bertentangan dengan teori yang ada di dalam diri mereka itu sebenarnya tidak ada dan bertindak seakan-akan fakta yang sedang berbicara itu secara magis bisa hilang begitu saja.

Saya tidak mau mendramatisir hal ini, tetapi kalau saya melihat gereja tuhan dan saat kita bertemu hari ini. pertemuan kita bisa jadi menjadi waktu yang sangat menjanjikan di dalam sejarah kehidupan. Karena banyak hal-hal besar yang terjadi di dalam grup-grup kecil. kita dapat merangkai benang yang membawa pengharapan itu tetapi ada perjalanan yang sangat sulit di depan kita saat kita bersatu di bawah pemeliharaan tuhan untuk mendatangkan pengaharapan yang jelas untuk jalan di depan kita.

Bagaimana dan apa yang terjadi kalau Anda menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik dan Anda mendapatkan muka anda tersungkur kebawah? Dan Anda bangkit dan mencoba berjalan kembali tetapi kemudian Anda jatuh tersungkur kembali. Apa yang Anda lakukan saat mimpi Anda mulai kabur? Anda akan mengejar satu mimpi lagi. Anda tidak akan mau menyerah hingga Tuhan yang mengambil alih. Karena Injil kerajaan surga harus mendapat tempat yang terhormat di dalam kehidupan manusia.

Sebagai tuntunan bagi bangsa, menjadi perasa bagi orang yang hidup, menjadi pemimpin dunia ekonomi, menjadi terang bagi moralitas dunia ini, kita harus bangun dari kelengahan kita sebagai orang kristen. Dan kuasa terbesar yang ada didalam sejarah manusia harusnya adalah gereja tuhan yang mana tidak sadar akan apa yang sedang terjadi, dan tidak pernah sampai di titik dimana mereka menyadari, sebab kalau anda tidak masuk ke dalam dunia ekonomi, Anda tidak akan pernah bisa menyadari kesadaran ekonomi akan suatu bangsa. tetapi ijinkan saya kembali kepada komentar saya sebelumnya,

bagaimana kalau Anda sudah mencoba melakukan sesuatu dan anda gagal, anda tidak punya sesuatu untuk ditawarkan, Anda merasa putus asa? apa yang akan anda lakukan? Anda bisa mendapatkan kesempatan lagi, Dr. Francis James adalah ilmuwan yang memperhatikan perilaku tercanggih manusia dan mengatakan umat manusia bukan kesempatan kedua, ketiga, keempat. Kalau Anda lari maraton, disaat Anda merasa Anda tidak lagi bisa berlari lebih jauh dan Anda merasa kram. Anda tekan kram itu dengan jempol Anda dan Anda akan bisa berlari lebih jauh. Anda harus punya kegigihan untuk terus bangkit.

Kalau Anda gagal, Anda akan merusak satu prinsip. George Benneth mengatakan "Sangat mudah dan sungguh amat gampang menggoncangkan iman seseorang dalam dirinya, mengambil keuntungan darinya dengan mengatakan itu adalah pekerjaan iblis, tetapi alkitab punya jawabannya. Mazmur 51:7 Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!
Amsal 16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Apabila semangat/hati/roh Anda kuat, tidak ada yang bisa menghalangi kamu. Tidak masalah apakah keuangan anda baik atau tidak, tidak masalah apakah kesempatan sudah datang/belum, tidak masalah apabila Anda tidak memiliki kemampuan, tetapi tidak ada yang mustahil ketika semangat/roh/hati Anda kuat.

Ada 4 hukum untuk membangun roh yang kuat.
1. Yang pertama adalah kebenaran.
Kita harus mulai berkata-kata kebenaran dalam hidup Anda. kalau saya bepergian keluar negeri dan orang bertanya apa masalah terbesar yang pernah saya miliki. Jawabannya adalah diri saya sendiri. Setiap pagi saat saya bercermin saya melihat diri saya sendiri dan saya melihat si idiot melihat balik ke saya, saya adalah masalah saya terbesar. Kebenaran adalah korban pertama dari konflik yang muncul. Karena kebenaran itu yang memberi makan Anda. kebenaran yang mengarahkan imajinasi Anda. gagal untuk memperhatikan kualitas kebenaran yang ada didalam kehidupan Anda akan menyebabkan atau menjadi penyebab kegagalan dalam setiap hubungan yang kau bina. Kebenaran adalah dasar dari semua nilai yang berlaku. Kita tahu ada 10 perintah Allah yang diberikan kepada Musa di gunung Sinai. Tetapi saya kadang-kadang bertanya apakah ada seandainya perintah yang ke-11. Kalau ada, mungkin perintah ke-11 itu berbunyi "jangan bodohi dirimu sendiri" Marcus Radius berkata kebenaran mengalahkan segala sesuatu. Jadi ketika Anda gagal untuk berkata kebenaran ke diri Anda sendiri, hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah :

2. belajar untuk mengasihi kembali.
Sebab kalau Anda gagal, anda akan marah dan kesal. 1 korintus mengatakan bahwa kasih itu tidak pernah berkesudahan (tidak pernah gagal), dan di dalam galatia 5 dikatakan roh itu kasih. yang perlu Anda lakukan pertama adalah Anda harus bisa menerima diri Anda sendiri dan menantang diri Anda untuk melawan segala sesuatu yang melumpuhkan kehidupan Anda dan belajar untuk menerima orang lain. Kita tidak boleh menyenangkan diri kita sendiri dengan mengorbankan orang lain. Anda juga harus menciptakan semangat untuk pengharapan.

3. Anda harus mendapatkan kekuatan sendiri.
Kekuatan untuk Anda menerima. Apa yang menjadi kekuatan penyerapan Anda secara intelijen. Seperti yang saya katakan, hingga saya umur 26 saya buta huruf, saya tidak bisa mengucapkan kata-kata, jadi saya menunjukkan kata dengan menunjukkan jari tangan saya ke kamus dan minta orang lain terjemahkan, dan kemudian saya membaca 2000 biografi dan saya belajar hukum dan akuntasi ekonomi dan teologi, dan saya menemukan bahwa otak kita seperti otot yang bisa dikembangkan. saya sudah membaca 6000 lebih biografi hingga sekarang. jadi, apa yang menjadi bahan kecerdasan Anda yang menjadi mimpi Anda? Dalam kehidupan kita ini, tidak ada yang lebih payah daripada roh yang tidak lagi bermimpi. berapa lama Anda ingin hidup di ruang bawah tanah kehidupan Anda? Seringkali mimpi itu tidak Anda seriusi sehingga Anda tidak mendisiplinkan diri Anda sendiri.

4. komitmen
Mahatma Gandhi mengatakan setiap tindakan punya dampak ekonomi, rohani dan sosial. Roh tidak bisa terpisahkan dari setiap tindakan. Anda perlu pemikiran untuk melanjutkan kehidupan Anda. Anda harus terus menerus bangkit ketika Anda jatuh. Anda juga harus mengembangkan sebuah rencana yang Anda harus lakukan. ketika saya berumur 28 tahun, saya menuliskan segala sesuatu yang harus saya dapatkan sebelum saya umur 80. saya sekarang berumur 72 jadi masih ada 8 tahun lagi untuk mencapai itu. Apakah Anda memiliki rencana untuk hidup Anda? Apakah Anda menuliskan itu? Apakah Anda menuliskan tenggat waktunya? karena pada akhirnya ketika Anda berlalu, apapun yang Anda kerjakan, itulah yang kau tukarkan dengan kehidupan ini. Dan harga untuk mimpi yang besar, mimpi yang kecil dan tanpa mimpi sama sekali adalah waktu hidup Anda. Anda perlu mengembangkan rencana Anda.

Tekad yang lemah akan menghancurkan nilai, hubungan yang Anda bina. Anda juga perlu memperlengkapi diri Anda untuk masa jangka panjang. banyak dari kita ingin menjadi sukses dalam waktu yang instan seperti kopi. tetapi butuh waktu yang sangat panjang menjadi orang yang sangat "super-sukses" Anda harus menjaga reputasi Anda. Anda harus punya tempat-tempat cek point Anda untuk mengecek ke-realistis-an Anda. Bagi saya kesulitan terbesar saat saya bekerja dengan orang-orang Kristen adalah mereka tidak mau mengeluarkan uang untuk otak mereka. Di dunia rohani apabila mereka membeli buku, orang lain datang dan meminjam, tetapi tidak begitu dengan buku-buku dunia. Apabila Anda tidak bersedia untuk berbelanja untuk pemgembangan otak dan pikiran Anda, lalu Anda berlutut meminta agar Anda berkuasa dan kaya hal tersebut tidak akan ada gunanya. Apabila Anda mau menjadi dokter, Anda pergi keuniversitas, menghabiskan uang untuk mata kuliah yang mengisi kapasitas otak Anda. Jangan pernah terima terima kekalahan.


Hingga disini, berikut adalah rangkumannya :
1. temukan kesempatan kedua Anda
2. bangkitkan dan perbaiki semangat Anda
3. bangun satu perencanaan yang penuh dengan tekad
4. perbaharui, temukan kembali tingkat disiplin Anda.
5. perlengkapi diri Anda untuk jangka panjang
6. tentukan cek poin untuk memeriksa ulang
7. jangan terima kekalahan.

Pengusaha-pengusaha adalah seperti mercusuar yang tingg dalam seluruh kehidupan perdagangan. Mereka mencari perubahan-perubahan yang menguntungkan, mereka mengambil kesempatan yang ada, mereka berani mengeksplorasi ujung batas aman. Tanpa pengusaha2 seperti ini, maka perjalanan hidup hanya menjadi sisa-sisa mimpi.

Saya adalah pengamat sejarah dan saya pelajari dari sejarah bahwa manusia tidak pernah belajar dari sejarah. di abad 20 dan 21, salah satu kekuatan dari muka bumi ini adalah gereja. Kita punya orang yang jumlahnya besar dalam hal-hal yang sama. Kita memiliki lebih banyak emas dan perak yang terkumpul, kita memiliki lebih banyak belas kasihan dan tulisan-tulisan yang dikumpulkan, tetapi tanpa kesatuan maka itu semua akan musnah. kalau Anda meragukan perkataan saya, mungkin Anda bisa mengecek properti / tanah yang dimiliki oleh vatikan, gereja inggris, ratusan ribu gereja dan badan-badan misi yang ada. Belum ditambahkan harta-harta pribadi orang-orang kristen yang ada di seluruh dunia, Anda akan menemukan bahwa itu adalah pengumpulan kekuatan dan kekayaan manusia terbesar yang ada di dalam hidup manusia. tetapi kuasa itu sekarang tidak efektif.

Ada beberapa hal yang mungkin akan mengagetkan, karena kita sering diberitahukan hal-hal yang tidak sepenuhnya benar. Beberapa tahun saya mendukung secara keuangan teolog-teolog terbesar di jaman kita sekarang untuk mencari satu pertanyaan "Apa yang merupakan simbol daripada emas, perak dan kemenyan yang diberikan kepada Kristus pada jamannya, kira-kira apa arti dari ke-3 simbol itu di jaman kita sekarang? Berapa nilainya itu sekarang kalau dinilai dengan US dollar?" Kenapa hal itu penting, karena Alkitab adalah sesuatu yang dilahirkan dari Tuhan. Segala sesuatu di dalam Alkitab penting. Semua yang ada di ALkitab berdasarkan darah dan pengorbanan Kristus. Alkitab seringkali dicoba dihancurkan, diberikan kepada singa, para rasul dianiaya.

Tetapi kita masih disini dan kita tidak akan pergi. jadi saya ingin mengetahui berapa besar nilai kristus saat ia lahir apabila dihitung dengan mata uang sekarang? Saya mengatakan saya akan mendukung mereka secara keuangan apabila mereka dapat mengetahui jawabannya. Dan dibutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan jawabannya, mereka melalui tanah persia dan ada tulisan-tulisan kuno, diketahui ada sejumlah pasukan yang melindungi harta itu karena diyakini beberapa harta tersebut datang dari bait allah-nya solomo. tahukah Anda kira-kira berapa nilainya? harganya 400 juta USD.

Kebenaran ini sudah diterima oleh dunia, program Destiny dari millennium ke-3 memberikan laporan secara menyeluruh. Kenapa kita kecilkan Yesus padahal Ia lebih besar daripada dunia? Dia bisa ubah air menjadi anggur bahkan air itu bukan miliknya, ia bisa memultiplikasi roti dan ikan lebih dari 20.000 persen. jadi kalau Yesus membawa 1 dollar saja ke Wallstreet pada hari minggu, ia bisa keluar menjadi bilyuner. Ia tidak perlu masuk ke sekolah kedokteran untuk bisa menyembuhkan orang sakit. Tapi kenapa kita mengecilkan Yesus dalam kotak yang begitu kecil? Bukankah Yesus adalah Bapa dari semua harta yang ada di dunia?

Ini waktunya untuk gereja tuhan menang kembali. ada 10 alasan untuk Anda masuk ke dunia dagang / bisnis anda sendiri.

1. Bisnis memberikan sebuah kemerdekaan yang khusus. Anda tidak lagi diperintah oleh orang apa yang harus Anda lakukan. Anda bebas melakukan apa yang Anda ingin lakukan. Mungkin Anda senang di pekerjaan Anda. (JOB), tapi becandaannya adalah JOB = Just Over Broke (sedikit diatas kebangkrutan)

2. Anda menjadi pelaku, tidak lagi penonton. Anda bisa melihat segala sesuatu berdasarkan keinginan sendiri. Dan Anda bisa menetapkan standar bagi usaha dan moralitas.

3. Kalau kita memiliki usaha sendiri, kita tidak bisa dipecat / dibuang.

4. Anda bisa punya waktu khusus dengan keluarga Anda sendiri.

5. Anda bisa mengirimkan pesan yang kuat terhadap komunitas Anda bahwa iman Anda lebih penting daripada usaha Anda.

6. Anda mengikuti mandat dari alkitab yang mengatakan Anda harus menjadi terang dunia. kepemimpinan bukanlah pilihan, tapi perintah. Anda bukan hanya sekedar menjadi pengelola, tapi anda yang menjadi pengambil keputusan.

7. Usaha anda merupakan indikasi dari tanggung jawab yang anda miliki. Bahwa Anda menjadi keuntungan negara dimana Anda hidup karena usaha Anda berjalan otomatis roda perekonomian negara juga berjalan. Bukankah akan sangat luar biasa ketika pemerintah Indonesia berkata "kita membutuhkan lebih banyak orang Kristen dalam perekonomian karena mereka dapat membantu perekonomian berjalan" tapi kita penuh rasa takut bagaimana kalau hal tersebut gagal. kalau gagal, ya bangun lagi dan coba lagi sampai engkau berhasil!

8. Apabila Anda memiliki usaha, Anda bisa mempertahankan dan mengembangkan pengaruh atas kehidupan orang-orang. Dan Anda memiliki kemampuan untuk berinvestasi di gereja lokal Anda.

9. menjadi pengusaha yang sukses akan bisa membangun warisan yang berharga bagi keturunan Anda. Apabila Anda berhasil, Anda memberikan tongkat estafet kepada turunan Anda.

10. kepuasan dan juga apa yang Anda sediakan sebagai pemimpin dalam rumah tangga Anda akan mendatangkan rasa hormat dan tanggung jawab dan hal ini akan membuat anak Anda mengulangi apa yang Anda perbuat. Anak-anak akan mau menjadi sukses ketika ia melihat orangtuanya sukses.

Anda ingin saya memperlihatkan saya membuat deal / perjanjian / kontrak? Banyak orang bertanya, bagaimana saya bisa menghasilkan uang? saya bilang mudah sebenarnya. Kamu dapatkan uang karena bernegosiasi. Ini adalah ilustrasi yang saya berikan kepada dia.

Kami tinggal di sebuah real estate yang besar dan mengagumkan, ada 16 poni, ada kangguru dan lainnya. tapi saya perlu kerjakan beberapa hal disana. jadi saya mengirimkan beberapa orang untuk mengerjakan sesuatu disana. Dan ada seorang yang harganya paling bagus dan pekerjaannya bagus. Jadi kalau Anda sudah mendapatkan harga yang terbaik, bagaimana Anda bisa menawar?

Saya biarkan itu beberapa hari berlalu dan kemudian saya menelepon dia. Dia bertanya apakah dia mendapatkan pekerjaan itu. Saya jawab ya. Namun saya bertanya "bagaimana perasaanmu apabila saya menunggu 2-3 minggu lagi dan saya memberikan pekerjaan itu kepada orang lain dengan harga yang lebih murah 10 persen?"

Dia menjawab "tentu tidak enak rasanya. Jadi, maksudmu kalau saya mau turunkan harganya 10 persen lagi saya bisa mendapatkan pekerjaan ini?" saya jawab "ya, tentu saja."

Apa 21 prinsip dalam bernegosiasi.
1. apa yang sedang Anda dagangkan/jual?
2. apa yang sedang Anda serahkan?
3. apa yang menjadi ketidakpastian dari apa yang Anda jual?
4. apa yang menjadi garansi dan penalti?
5. apa syaratnya?
6. apa yang bisa menjadi penyebab kegagalan?
7. bisakah kita sungguh perform?
8. Bisakah mereka benar-bener memenuhi tanggung jawab mereka?
9. apa yang menjadi buffer zone anda (ruang gerak Anda)
10. apa yang terjadi apabila kita meremehkan mereka?
11. bagaimana kalau kita membesar-besarkan / over estimated?
12. dapatkah ini menyebabkan ekspansi?
13. bisakah presentasi ini membesar?
14. adakah pintu keluar / jalan keluar?
15. apakah ada kemungkinan/persyaratan yang berlaku ketika kedua pihak memutuskan mundur?
16. apakah ada pengaruh dari pihak luar?
17. siapa sesungguhnya yang mengendalikan?
18. apa yang merupakan menjadi kewajiban / obligasi yang sedang berlangsung?
19. apakah ada batasan atas dan bawah yang berlaku?
20. apakah setiap pihak yang terlibat disana sepenuhnya memiliki komitmen?
21. apakah semua poin yang penting disana ditulis, ditandatangi, disetujui dan ada saksi?

No comments:

Post a Comment