Friday, September 23, 2011

Prepare the Future 4: Menatap masa depan 2

Kita tahu bahwa Tuhan menginginkan kita hidup dalam kelimpahan, bukan hidup yang biasa-biasa saja.Yohanes 10:10 mengatakan "10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Salah satu tanda orang memiliki kelimpahan adalah mereka tidak memikirkan hari ini saja. Mereka hidup lebih daripada hari ini saja dan mereka hidup tidak hanya memikirkan diri mereka sendiri, mereka juga memikirkan orang lain. We have to live beyond today.

Mazmur 78 : 2-7
78:2 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.
78:3 Yang telah kami dengar dan kami ketahui, dan yang diceritakan kepada kami oleh nenek moyang kami,
78:4 kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya.
78:5 Telah ditetapkan-Nya peringatan di Yakub dan hukum Taurat diberi-Nya di Israel; nenek moyang kita diperintahkan-Nya untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka,
78:6 supaya dikenal oleh angkatan yang kemudian, supaya anak-anak, yang akan lahir kelak, bangun dan menceritakannya kepada anak-anak mereka,
78:7 supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah dan tidak melupakan perbuatan-perbuatan Allah, tetapi memegang perintah-perintah-Nya;

Mari kita membahas ayat 6. Alkitab versi The Message Bible mengatakan "78:6 So the next generation would know, and all the generations to come--Know the truth and tell the stories so their children". Pertanyaannya adalah cerita seperti apa yang Anda mau Anda tinggalkan? Atau Anda mau angkatan yang akan datang cerita apa tentang Anda? Anda mau anak cucu Anda cerita tentang apa tentang Anda? Pernahkah Anda berpikir demikian?

Alkitab berkata bahwa Tuhan tidak memikirkan hanya 1 generasi, melainkan generasi-generasi yang berikutnya. Kita hidup di hidup ini karena kita adalah lanjutan dari generasi sebelumnya. Dan Tuhan memberikan kita perintah untuk menyebarkan berita tentangNya agar generasi demi generasi mengenalnya. Yesus selama hidupnya tidak berhenti hanya di jamannya saja, tetapi juga generasi-generasi berikutnya hidup hingga hari ini. Yesus tidak sekedar hidup, ia menorehkan sejarah.

Apabila Anda sibuk memikirkan hari ini saja, hari depan belum tentu ada untuk Anda. tetapi apabila Anda sibuk memikirkan hari depan, entah bagaimana caranya, Anda pasti bisa melewati hari ini.

Mazmur 145 :1-6
145:1 Puji-pujian dari Daud. Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja, dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
145:2 Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
145:3 Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.
145:4 Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.
145:5 Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.
145:6 Kekuatan perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan.

Tuhan akan melakukan perbuatan-perbuatan yang dashyat, pertanyaannya Ia memakai siapa? Bisa saja kita dipakai oleh kita. Tahukah Anda kutuk bisa turun temurun? kalau kutuk bisa turun temurun, kenapa bukan berkat yang turun temurun dalam kehidupan kita?

No comments:

Post a Comment