Wednesday, March 23, 2011

The love of money

tidak ada seorang pun yang bisa hidup tanpa uang di dunia ini, permasalahannya adalah bagaimana caranya supaya hidup kita tidak dikendalikan oleh uang.

1 timotius 6:6-10
6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

ada 2 permasalahan yang kita hadapi oleh sebagian besar akar uang.
1. masalah akarnya adalahnya cinta uang.
sulit untuk kita tidak cinta uang karena dalam hidup kita, kita membutuhkan uang. setiap hari kita bertemu dengan uang dan uang juga memenuhi kebutuhan kita akan sesuatu. bagaimana kita bisa punya banyak uang tanpa jatuh cinta kepada uang? ada sebuah quote yang berkata "kurang bukan selalu terlalu sedikit, dan lebih bukan karena terlalu banyak".

KURANG LEBIH
(SEDIKIT) ---->> (BANYAK)

kalau kita perhatikan kehidupan sekarang ini, bukankah banyak sekali orang yang banting tulang untuk berusaha melebihkan dari yang "sedikit" ke arah "banyak"? tidak hanya tulang yang dibanting tetapi juga apa saja dikorbankan, bisa dari pernikahan, keluarga, waktu, pertemanan dsb. kita lihat juga banyak sekali yang sudah memiliki banyak harta, tetapi tetap saja hidupnya tidak berlebih. di Timotius dikatakan bahwa karena kita ingin merubah dari yang sedikit menjadi ke banyak, banyak dari kita yang mengambil jalan pintas. Amsal 28:20 berkata : Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. kata "cepat" disini maksudnya adalah mempercepat proses. kita bisa mempercepat proses, namun hasilnya belum tentu baik. misalkan, kehamilan yang baik adalah 9 bulan 10 hari bukan? dibawah waktu tersebut, sesuatu yang kurang baik bisa terjadi, pertanyaannya, mungkin iya anda mau mempercepat proses pembuahan agar secepatnya mempunyai anak, tetapi anda tidak mungkin mau mempercepat proses kehamilan ini menjadi 6 bulan saja misalnya, kan? karena sesuatu yang kurang baik bisa terjadi dan pasti terjadi mungkin.

2. mereka cenderung jatuh cinta kepada uang.
benar bahwa tuhan ingin kita hidup berkelimpahan, tetapi tuhan tidak ingin kita mengambil jalan pintas.

---------------------------------------------------------------------------------

Ada 3 sikap dan 3 langkah yang bisa ambil dalam kasus ini, kita bahas sikap-sikapnya terlebih dahulu.

Sikap pertama : cukupkanlah dirimu.
1 timotius 6:6-8
6:6 Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
6:7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

Filipi 4:11-12
4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.
4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

Ibrani 13: 5
13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

untuk kita bisa menyeberang dari sisi "kurang" ke sisi "lebih", kita tidak bisa/boleh melewati jembatan bernama cepat/cinta akan uang. ada satu jembatan lagi yang kita bisa pakai bernama "cukup". Ingat dengan cerita salomo? salomo adalah orang terkaya yang pernah hidup di dunia dan dia tidak meminta kekayaan, dia hanya meminta cukup. tentu saja cukup disini bukan berarti pas-pasan, kenapa? karena dikatakan salomo mempunyai 1000 wanita. dan tidak mungkin uang pas-pasan bisa menghidupi begitu banyak wanita, bukan? tetapi ia meminta kebijakan agar ia tidak lebih mecintai uang, dan tidak minta kekurangan agar ia tidak memaki-maki tuhan. tuhan melihat hati salomo dan memberikan "lebih" ke dalam hidupnya.

jadi ukuran tuhan adalah hati kita, bukan lembaran uang yang kita punya. 1 timotius 6:17 berkata "Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.". berapa banyak dari kita yang belajar mencukupkan diri? kita harus belajar berkata cukup dan mencukupkan diri karena kalau kita tidak pernah berkata cukup, kita tidak akan pernah merasa puas. Salomo juga berkata, kalau kita berkata cukup, kepuasan akan cepat datang kepada kita. Karena manusia tidak pernah merasa puas, cukupkanlah dulu dirimu agar anda terbebas dari jerat hutang atau jebakan lainnya.

sikap kedua : kita perlu mencintai pemberi berkat jauh lebih besar daripada berkat itu sendiri.
Ulangan 8:17-18
8:17 Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.
8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
Amsal 10:22 : Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

sikap ketiga : dalam segala sesuatu yang kita kerjakan, jangan pernah menjadikan uang sebagai motivasi kita.
segala hal yang kita lakukan kalau motivasi utamanya adalah uang, kita tidak akan pernah memberikan yang terbaik, karena kita berpikir "berapa banyak uang yang akan kita terima ya?", melainkan sebaliknya, kita harus melakukan yang terbaik dan berkat akan masuk kedalam hidup kita, biarkan uang yang mengejar anda, bukan sebaliknya. kita ambil contoh penemu listrik, thomas alva edison. kalau dia menemukan lampu motivasinya karena uang, kita yakin, ia belom tentu mau mencoba sedemikian rupanya. tetapi karena ia mengikuti passion dirinya akan hal kelistrikan, ketenaran hinggap kepada dirinya, namanya dikenal hingga saat ini walaupun ia sudah tiada. jadi, apa passion kita? apa kontribusi yang bisa kita berikan kepada masyarakat kita?

---------------------------------------------------------------------------------

diatas adalah 3 SIKAP yang bisa kita gunakan, dan sebelum kita masuk ke dalam 3 LANGKAH, kita akan bahas sedikit soal bangsa israel. dikatakan bahwa sebelum bangsa israel memasuki tanah perjanjian, mereka berada di padang gurun. dan diberkati oleh Allah dengan roti manna. berikut adalah deskripsi tentang padang gurun tempat bangsa israel berdiam.
-. tidak ada tanah/properti
-. tidak ada pekerjaan (karena tanah begitu gersang)
-. mereka diberkati oleh allah oleh roti manna setiap hari, tetapi mereka hanya boleh mengambil sesuai dengan kebutuhan mereka saja, berarti maksudnya sistem management mereka adalah "Daily management"

dan ketika mereka masuk ke dalam tanah perjanjian, mereka tidak lagi makan roti manna, tetapi sudah makan susu dan madu. jadi berikut adalah deskripsi tentang tanah perjanjian:
-. mereka memiliki tanah dan properti
-. mereka harus bekerja (karena ada susu yang harus diperah dan lebah untuk diambil madunya), dan tentu saja karena ada sapi, pasti ada kotoran sapinya dan kotoran itu harus dibersihkan dan dijadikan pupuk.
-. mereka memiliki lumbung (karena masa panen mereka LEBIH untuk kebutuhan sehari-hari)
-.jadi sistem manajemen mereka bukan lagi daily manajemen tetapi MORE management.

berikut adalah 3 langkah yang bisa kita ambil.
1. KERJAKAN TANAH ANDA DAN TABUR BENIH ANDA.
Amsal 28 : 19-20
28:19 Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.
28:20 Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.

Yosua 5:12 :Lalu berhentilah manna itu, pada keesokan harinya setelah mereka makan hasil negeri itu. Jadi orang Israel tidak beroleh manna lagi, tetapi dalam tahun itu mereka makan yang dihasilkan tanah Kanaan.
, jadi pada saat bangsa israel memasuki tanah perjanjian dan mulai mengerjakan tanahnyam mereka masih mendapat berkat dari surga yaitu manna, tetapi disini dikatakan PERSIS satu hari setelah mereka melakukan panen, manna dari surga berhenti.

Ulangan 11 : 10-15
11:10 Sebab negeri, ke mana engkau masuk untuk mendudukinya, bukanlah negeri seperti tanah Mesir, dari mana kamu keluar, yang setelah ditabur dengan benih harus kauairi dengan jerih payah, seakan-akan kebun sayur.
11:11 Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;
11:12 suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun.
11:13 Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu,
11:14 maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,
11:15 dan Dia akan memberi rumput di padangmu untuk hewanmu, sehingga engkau dapat makan dan menjadi kenyang.

disini dikatakan kalau kita menabur benih dalam kehidupan kita yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, maka tuhan akan mengerjakan bagianNya sendiri, yaitu menurunkan hujan. kita perlu hujan untuk mengembangkan benih yang kita tanam bukan? memang benar dikatakan bahwa persepuluhan kita akan membuka tingkap langit, dan hujan akan turun, permasalahannya, kalau kita tidak pernah menabur apa-apa, hujan yang tuhan turunkan mau mengembangkan apa? yang terjadi hanya membasahi tanah tanpa mengembangkan benih. jadi, taburlah benihmu di ladang kehidupanmu, entah apapun investasimu , jalani persepuluhanmu, dan biarkan hujan yang tuhan turunkan memberkati setiap aspek kehidupanmu.

2. KITA TIDAK BOLEH TAKUT KEPADA TANTANGAN
bilangan 14:8-9
14:8 Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.
14:9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

bukankah kadang kita takut kepada tantangan. tantangan ialah seperti raksasa besar yang kita tidak kita ketahui kelemahannya. permasalahannya, kita ingin menikmati susu dan madunya tanpa mau melawan raksasanya. ini tidak bisa.
di alkitab versi Firman Allah yang Hidup, kata "mereka akan kita telan habis" menjadi "Karena mereka bagaikan makanan yang empuk bagi kita!", kita perlu makanan bukan?

3. BESARNYA TANTANGAN ANDA MEWAKILI UKURAN BERKAT ANDA.

No comments:

Post a Comment