Sunday, July 31, 2011

Alam bawah sadar vs Alam sadar.

Bilangan 5:25-26
5:25 Maka haruslah imam mengambil korban sajian cemburuan dari tangan perempuan itu lalu mengunjukkannya ke hadapan TUHAN, dan membawanya ke mezbah.
5:26 Sesudah itu haruslah imam mengambil segenggam dari korban sajian itu sebagai bagian ingat-ingatannya dan membakarnya di atas mezbah, kemudian memberi perempuan itu minum air itu.

Jangan pernah mengatakan bahwa Anda tidak bisa memberikan kontribusi apa-apa dalam kehidupan Anda. Tahukah Anda bahwa revolusi terbesar terjadi pada manusia saat pikirannya berubah. The most greatest movement in our lives start from our ears. Seringkali kita berpikir bahwa perubhan datang dari Tuhan yang nantinya berarti perubahan datang dari luar diri kita, namun sebenarnya perubahan terjadi justru dimulai dari dalam diri kita.

Manusia memiliki dua pikiran. Pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar. Kedua pikiran ini bukanlah pikiran yang berbeda namun saling berhubungan dan bergabung tidak terpisahkan. 80% pikiran kita berasal dari pikiran alam bawah sadar kita, Sayangnya kalau kita tidak menyadari ini, maka kita akan menghabiskan 20% sisa hidup kita dikontrol oleh alam bawah sadar kita.

Alkitab mengatakan bahwa kita sebagai manusia memiliki hati. Kata hati di sini bukanlah hati dalam arti harafiah yaitu organ tubuh melainkan adalah alam bawah sadar kita.

Dalam Roma 10:10, paulus mengatakan "Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." Yesus pun mengatakan bahwa ke dalam hati seseorang lah hati itu berbicara. Dikatakan dari kelimpahan hati atau alam bawah sadar lah yang membuat pemikiran kita keluar lewat mulut kita.

Kalau kita mengandaikan bahwa alam bawah sadar kita adalah bandara, maka alam sadar kita adalah menara kendali yang mengendalikan siapa yang akan landing dan siapa yang akan take off. Banyak orang bertanya kenapa banyak orang yang landing dalam kehidupan mereka. Tahukah Anda bahwa sebenarnya alam bawah sadar kita sudah terprogram sebelumnya untuk menentukan siapa yang kita sekarang?

Alam bawah sadar berbicara begitu kuat sehingga bisa membuat alam sadar kita mengangguk setuju. Ahli ilmu jiwa mengatakan bahwa kepercayaan manusia akan terbentuk saat usia manusia berada di umur 8 tahun. Kepercayaan manusia yang terbentuk di usia tersebut membentuk karakter dari orang tersebut, jadi apapun karakter yang Anda miliki sekarang, semuanya itu dibentuk pada saat umur Anda 8 tahun, bukan 17 atau 20 tahun. kenapa demikian? karena sebagai orang dewasa, kita memiliki pertahanan untuk menolak pemikiran tertentu. tetapi pada saat kita masih kecil, kita tidak memiliki pertahanan untuk menolak, sehingga saat kita besar nantinya, kita bingung kenapa ada beberapa hal yang seakan mengendalikan hidup kita.

Contohnya, kalau dalam waktu usia 5 tahun tidak pernah hidup dalam lingkungan yang penuh dengan kasih, maka di usia 25 tahun kita akan susah untuk percaya dengan kasih. kecuali dalam rentang waktu antara usia 5 hingga 25 tahun kita berurusan secara langsung dan konstan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kasih tersebut. Maka hal itu dapat merubah pemikiran kita.

Dan semua alam bawh sadar kita sudah terprogram untuk terus berbicara kepada kita meski kita tidak mendengarnya secara verbal. Jadi dalam diri setiap orang, ada 2 pembicara. Saya berbicara kepada Anda, dan Anda berbicara sendiri kepada diri Anda. Dan apa yang dikatakn oleh diri Anda kepada Anda sendiri adalah bagian yang terkuat.

Ketika saya berbicara kepada Anda, atau mungkin Anda berbicara dengan orang lain, kecepatan kata yang keluar dari mulut Anda adalah 200 kata per menit. Tetapi ketika Anda berbicara kepada diri Anda sendiri, kecepatan berbicara Anda adalah 1200 kata per menit. jadi lebih cepat 6x. Jadi ketika Anda terlibat dalam pembicaraan dengan seseorang, sebenarnya di dalam Anda, terjadi percakapan yang lebih kompleks antara Anda dan diri Anda sendiri.

Misalnya kita membicarakan tentang program Car Free Day di Jakarta, pada saat kita membicarakan hal itu, pikiran Anda tidak hanya terpaku kepada car free day, mungkin pikiran Anda terbagi ke pekerjaan, pakaian yang orang lain kenakan, cuaca, keluarga, dan lain sebagainya, namun semua itu tidak bisa Anda lihat. karena pikiran Anda bergerak 6x lebih cepat daripada mata. Sehingga pada akhirnya, kita di dominasi oleh apa yang diri kita sendiri katakan.

Seperti yang ditulis di atas bahwa 80% pikiran kita dikuasai oleh pikiran alam bawah sadar kita, dan pemikiran ini seringkali tidak akurat oleh karena itu adalah fungsi dari alam sadar kita untuk mengendalikan 80% pemikiran alam bawah sadar kita.

Perhatikan ayat Amsal 23:6-7 ini
23:6 Jangan makan roti orang yang kikir, jangan ingin akan makanannya yang lezat.
23:7 Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia. "Silakan makan dan minum," katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.

Untuk mengerti cara seorang manusia berpikir, kita harus mengerti akan konteks dan maknanya. Salomo menulis ayat Amsal di atas saat ia memperhatikan manusia. Salomo mengatakan jangan memakan roti dari orang yang kikir (orang farisi). Kenapa karena Salomo mengetahui bahwa walaupun orang Farisi ini mengatakan secara verbal lewat mulutnya silahkan makan, dalam hatinya ia tidaklah rela membagi makanan tersebut.

Ini adalah contoh bahwa manusia memiliki dua pikiran. Alam bawah sadarnya ingin menyatakan kepada orang lain bahwa ia adalah dermawan, suka memberi, suka bersedekah, tetapi di alam sadarnya atau hatinya, hatinya berpikir bahwa ia bukanlah seseorang yang baik hati dan dermawan. His belief system mengatakan bahwa ia kikir. Jadi benar bahwa orang farisi ini memiliki sikap yang dermawan, tetapi tidak memiliki hati yang dermawan.

Contoh lainnya adalah ketika kita diundangan makan malam yang mewah oleh seseorang karena ia ingin mentraktir kita, tetapi pada saat kita memilih makanan yang mahal, orang tersebut marah-marah.
Atau misalnya tentang pengampunan. Secara verbal kita mengatakan kepada orang itu bahwa kita sudah memaafkan dirinya, namun kenyataannya, kita masih menghindari dia saat bertemu, kita malas menyapa dia saat bertemu. kenapa? karena belief system kita, di dalam hati kita, alam bawah sadar kita masih belum memaafkan dia.

Alam bawah sadar kita adalah hadiah yang menarik dari Tuhan tetapi juga menjadi sebuah hal yang sulit kita mengerti. Alam bawah sadar kita lah yang terus menjaga agar badan kita tetap melakukan fungsinya saat kita tidur. Alam bawah sadar kita begitu canggih untuk bisa memastikan segala sesuatu, dan saking canggihnya pula, kita tidak bisa mempermainkan hati kita sendiri. Anda bisa saja berubah pikiran 10x sehari, tetapi hati Anda akan tetap sama.

Alam bawah sadar kita bisa memberikan kita perubahan, tetapi tidak akan bertahan kalau kita tidak memprogram ulang hati kita. Kalau Anda tidak memprogram ulang hati Anda, maka Anda akan terus memutar lagu yang sama sejak Anda kecil hingga Anda dewasa.

Susahnya adalah ketika kita mempunyai anak, kita akan secara tidak sadar memprogram anak kita seperti diri kita sendiri. Dan tentunya anak kita bisa menghadapi masalah yang tadinya sebenarnya adalah masalah orang tuanya.
Sering kita mendengar perdebatan antar pasangan seperti ini : "kenapa sih kamu selalu seperti itu kelakuannya?" jawaban yang muncul biasanya adalah "ya saya tidak tahu, saya memang begini. Kakek saya begini. Ayah saya begini" kesannya bahwa sesuatu itu adalah sesuatu yang lumrah dan harus terjadi.

Kenapa terjadi demikian? karena alam bawah sadar kita tidak bisa mengambil keputusan. Yang bertugas mengambil keputusan adalah alam sadar kita. Kita bisa saja seperti orang Farisi tersebut, kita mencoba untuk tidak kikir. tetapi masalahnya satu pikiran dalam satu hari tidaklah cukup untuk menjadi satu pikiran baru yang utuh. kita harus memprogram ulang pemikiran itu setiap hari.

Tahukah Anda bahwa kapten dari kapal Titanic mendapatkan 6x peringatan sebelum akhirnya menabrak gunung es tersebut? Dia mengabaikan peringatan itu. Dan siapakah yang salah? apakah yang salah adalah orang-orang yang berada di ruang mesin karena mereka bertugas menambahkan tenaga kepada kapal Titanic untuk terus berjalan? jawabannya tidak. kesalahan terjadi kepada si kapten.

Hal yang sama terjadi pada kita. Alam bawah sadar kita adalah orang-orang diruang mesin yang bertugas terus menerus memberikan kita tenaga. Dan alam sadar kita adalah kapten yang bertugas mengambil keputusan. Jadi kalau kita berpikir bahwa menjadi sehat bukanlah kebiasaan kita, maka secara otomatis alam bawah sadar kita akan terus memberikan tenaga kepada kita untuk berpikir bahwa sehat tidaklah penting.

Kalau kita selama 30 tahun hidup penuh dengan kekhawatiran, maka 30 menit tidaklah cukup untuk merubah tujuan hidup kita. Dan tahukah Anda bahwa sadar tidak sadar, hidup dalam kekhawatiran akan menghancurkan Anda? Begitu banyak orang yang hidupnya kuatir. Banyak orang minta didoakan, mereka memenuhi barisan doa untuk didoakan, mereka meminta agar kekuatiran mereka dilepaskan. Permasalahannya hal ini tidak mungkin. Yesus berkata bahwa jemaatnya adalah seperti domba, domba membutuhkan gembala karena sebenarnya domba hidup dalam kekawatiran dan mereka tidak mengerti bagaimana cara melepaskan diri mereka dari kekuatiran itu. Mereka kuatir serigala akan memakan mereka, mereka kuatir akan arah mana mereka harus berjalan, mereka kuatir akan cuaca dan makanan.

Anda tentu mengenal Yesus yang begitu hebatnya dengan mukjizat, ia dapat merubah air menjadi anggur, membangkitkan orang hidup dan lain sebagainya. Tetapi pernahkah Anda mendengar Yesus menumpangkan tangannya kepada para murid ketika para muridnya kuatir? Tidak pernah. Kenapa? karena dibutuhkan proses dan pengajaran untuk bisa melawan kekuatiran. Murid-muridnya sudah bersama dengan Yesus selama puluhan tahun, dan mereka melihat dengan kepala dan mata mereka sendiri akan mukjizat yang Yesus lakukan, tetapi mereka masih saja tetap ketakutan dan kuatir akan apa yang bisa mereka makan esoknya.

Yesus mengetahui bahwa dalam alam bawah sadar murid-muridnya, mreka kuatir. Cara untuk menghadapi kuatir ini bukanlah berbaris ke barisan doa untuk minta di doakan. Cara yang perlu anda lakukan adalah belajar dari Alam, Anda perlu menghabiskan beberapa menit setiap hari melihat alam. Contohnya burung yang bernyanyi setiap jam 4 pagi. hal pertama yang burung itu lakukan adalah bernyanyi setiap hari. tidak mengenal lelah. bagaimana dengan Anda?
Apakah Anda bagun jam 4 pagi?
Apabila Anda bisa bangun jam 4 pagi, bisakah Anda bernnyanyi dan memuliakan Tuhan?
Apakah Anda melakukannya setiap hari?

Yesus mengatakan bahwa kekuatiran manusia adalah pikiran dasar kita, dan kita bisa mengubahnya dengan alternatif lain yang kita bisa pelajari dari alam.

Damai sejahtera bukanlah liburan di Bali / spa di Bali. Damai sejahtera bukanlah pantai. Untuk apa kita berbaring di pantai tetapi kita kuatir akan apa yang terjadi di rumah? Banyak orang kuatir dan mereka mencoba untuk mengendalikan apa yang berada di luar, padahal seperti yang dikatakan di atas, perubahan terjadi di dalam diri kita.

Kita tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi di luar diri kita, tetapi kita bisa menentukan respon yang terjadi kepada kita. The problem is not the problem, but the way we see the problem IS the problem. Alam bawah sadar kita adalah seperti laptop dalam mode hybernate yang membuat kita tetap hidup. Kita bisa pergi tidur memikirkan tentang bunga, membayangkan wangi bunga, kita bahkan memakai piyama bermotif bunga mungkin, tetapi kalau dalam hati kita tertanam ilalang, maka alam bawah sadar kita akan segera merubah bunga itu menjadi ilalang, karena alam bawah sadar kita akan terus berproduksi atas perintah terakhir yang kita perintahkan. oleh karena itu kita harus belajar setiap hari memprogram ulang hati kita.

Dikatakan bahwa bangsa Israel sudah merdeka, namun karena mental dan hati mereka adalah tetap pada mental budak, maka mereka akan berperilaku seperti budak, karena mereka tidak membiasakan diri dan hati mereka untuk hidup seperti orang merdeka. Bagaimana dengan Anda? sudahkah Anda memprogram ulang pemikiran Anda?

No comments:

Post a Comment