Thursday, July 21, 2011

Up Close & Personal

Pernahkah Anda bangun di malam hari melihat dinding-dinding langit Anda memikirkan tentang hidup Anda. Tentang posisi Anda sekarang, tentang tantangan-tantangan yang Anda hadapi, tentang rumor-rumor yang Anda dengar. Tentang hidup Anda secara keseluruhan dan kemungkinan-kemungkinan untuk bisa merubah hidup Anda.

Apakah Anda pernah memikirkan keputusan2 yang pernah Anda ambil dan keputusan-keputusan yang seharusnya tidak Anda ambil. Apakah Anda pernah memikirkan kenapa Anda tidak melakukan hal itu tetapi melakukan hal ini? Apa yang menjadi motivasi Anda pagi ini? Apakah Anda memiliki rencana untuk masa depan Anda, dan apabila jawabannya adalah YA, apakah rencana itu masih ada hingga hari ini? Dengan kata lain, apa kira-kira yang menjadi “kekuatan/motor” yang Anda gunakan untuk meraih masa depan Anda?

Ada orang yang berkata tergantung “tergantung situasi/keadaan”, Ada yang mengatakan “tergantung musim kehidupan kita”, Ada orang mengatakan “tergantung pilihan”, Mungkin Anda mempercayai Tuhan atau guru spiritual untuk membimbing Anda. Bagaimana caranya untuk mengukur ini? Dan atas dasar kompas apa Anda bisa mengatakan ini saatnya stop dan ini saatnya berjalan? Saya yakin Anda pasti setuju apabila saya mengatakan bahwa Tuhan tidak pernah mengikat pemikiran seseorang dan bahkan kita bisa memikirkan tentang apa saja selama pemikiran kita tidak melanggar hukum Tuhan atau tidak melanggar hak asasi manusia.

Mengambil alih adalah tentang memperhatikan hati nurani Anda. Perasaan Anda, pertentangan batin maupun kesempatan. Mengambil alih adalah tentang memiliki keberanian untuk melatih apa yang telah Tuhan beri, Jadi Anda bisa saja melamun seharian atau menyelesaikan pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Tolong perhatikan sebentar bahwa kita semua menggunakan topeng. Kita berada diantara banyak orang. Saya adalah orang yang tahu saya seperti apa. Saya juga adalah orang yang keluarga saya tahu mereka mengenal saya. Saya orang yang dalam hati saya mengetahui seperti siapa saya ingin menjadi. Dan dari beberapa bagian dari “saya” ini menurut pandangan orang lain, dalam keadaan tertentu yang didasari oleh satu factor penentu, saya bisa berubah menjadi siapapun saya TERGANTUNG dari dengan siapa yang saya temui.

Anda tidak perlu merasa tua untuk melihat ke belakang melihat berapa banyak hari Anda yang terbuang dan berusaha untuk merekonstruksi tujuan dalam beberapa hal dalam porsi tertentu atau mungkin mengukur nilai dari semua itu dalam skala tertentu.

Dan dengan melakukan itu, dengan segala pemikiran dan review, kita akhirnya datang kepada genggaman sesuatu yang kita sebut dengan hati nurani. Kita seringkali secara “sopan” menghindar dari hati nurani kita atau melakukan apapun yang seharusnya kita lakukan.

Mari kita coba berpikir tentang sesuatu yang berbeda dengan hari-hari Anda sebelumnya, misalnya Anda sedang menghadapi sebuah wawancara yang jauh lebih besar, akan memakan waktu seharian dan Anda akan dibayar sekitar 25-30ribu dollar sebulan. Jadi ini adalah hidup Anda. Naiklah ke kapal itu, terimalah tanggung jawab itu, berhentilah menyalahkan orang lain. Dan berikan sedikit ruang untuk hati nurani Anda dan berikan sebuah papan pengumuman untuk hati nurani Anda untuk maju dibandingkan dengan apa yang orang lain ingin Anda lakukan untuk mereka.

Sekarang, saya ingin mengajak Anda balik ke sekitar 72 tahun yang lalu, saya tahu ini mungkin cukup sulit untuk Anda, karena saya melihat banyak wajah-wajah muda disini, permasalahannya wajah-wajah orang Asia sangatlah kompleks dan terkadang bisa menipu saya karena Anda bisa terlihat sangat muda daripada umur Anda sebenarnya. Mari balik ke 72 tahun lalu.

Saya masih berusia 5 tahun saat itu, saya pertama kali melihat gambar hitam putih yang bergerak dan bersuara . Saya sepanjang hari menganggukkan kepala, itu adalah masa yang cukup sulit, saya tidur diatas papan tempat tidur, tidak mempunyai sepatu dan kaus kaki. Saya duduk paling depan dan hanya ada satu lampu yang menerangi ruangan. Saya ingat bahwa saat itu tidak ada lapisan untuk menutupi lantai karena saya ingat lantainya serpihan di kaki saya. Tetapi ketika saya melihat di layar itu yang hanya selembar kain besar yang digantung, adegan dimana ada seseorang yang berlari dan menunggangi kuda, menembakkan pistol, saya sungguh ketakutan hingga saya melompat dari kursi saya, setelah beberapa saat, saya keluar dan ada sebuah sungai dan ada kulit jeruk dan saya melempar kulit jeruk itu ke layar.

Film itu film yang sangat menarik, karena saya 2 kali menonton itu. Hanya ada 2 pemain di film itu, yang satu namanya Jeanette McDonalds dan satu lagi adalah Nelson Eddy. Nelson Eddy adalah orang seorang bajak laut dan dia sering menyanyikan lagu ini : “berikan saya 10 orang. Ya, 10 bintang memiliki orang yang mau memperjuangkan keadilan. Berikan saya 10 orang itu untuk mulai. Dan tak lama kemudian saya akan mengembalikan 10,000 lagi.”

Saat itu adalah masa sulit dan orang banyak kelaparan, orang-orang diusir dari rumah mereka. Kami tinggal di tepi sungai. Dan selagi saya kecil, saya suka menyiulkan lagu Nelson Eddy itu kemanapun saya pergi karena entah kenapa saya merasa nyaman dengan lagu itu. Dan banyak yang memanggil saya “Si penyiul” karena suara siulan saya bisa terdengar hingga 2-3 blok. Dan kemudian saya menghabiskan banyak waktu saya dirumah sakit karena kondisi fisik saya tidaklah bagus dan akhirnya saya melupakan lagu tersebut karena saya tidak lagi bisa bersiul. Lucunya ketika saya kembali kepada Kristus, lagu itu muncul lagi. Dan akhirnya saya menyanyikannya lagi.

Dan akhirnya saya berpikir, Akankah saya menjumpai 10 orang yang bisa merubah dunia? Dan akhirnya saya bertemu dengan mereka. Tidak dalam mimpi tetapi dalam realita. Saya bisa mengobrol dan berjabat tangan dengan mereka, dan 10 orang ini memiliki persona, berpakaian baik, memiliki edukasi yang baik. 10 orang ini adalah 10 orang muda yang dibabtis untuk pelayanan. Saya yakin 10 orang ini akan mengguncang dunia … sayangnya, kita baru saja mengubur yang terakhir dari mereka baru-baru ini. Dan sayangnya, tidak ada seorangpun dari mereka yang memberikan tanda kepada dunia ini, ada yang keluar dari pelayanan. Ada yang setengah hati melayani. Bagaimana dengan Anda? Saya datang jauh2 dari Adelaide, Australia. Berusaha memberikan yang terbaik, mencoba membantu Anda dengan instruksi-instruksi yang semoga bisa membantu Anda.

Mungkin kalau kita bertemu lagi di airport, saya akan menanyakan kepada Anda. “Sejak saya berkotbah di Indonesia, apakah Anda masih melakukan hal yang sama atau apakah hidup Anda berubah?”. Rasul paulus dalam kitabnya di FIlipi 3:13 mengatakan “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,”

Apa maksud dari paulus menulis ini? Pertama-tama kita harus membahas tentang dosa (sin). Mari kita terbang ke Inggris terlebih dahulu, karena kata sin ini pertama kali digunakan di acara lomba memanah, ketika para pemanah menarik busur mereka dan memasang target dan mereka tidak mengenai target, petugas yang menjadi semacam petugas angka akan berteriak “SIN” sambil melambaikan bendera. Sin maksudnya adalah menghilangkan tanda. Tapi bagaimana kalau Anda tidak memiliki atau pernah membuat tanda? Apa yang Rasul Paulus tandai? Ia mengatakan “Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.” Ia tidak memperdulikan masa lalunya, tidak memperdulikan rasa sakitnya, kekecewaanNya, karena ia mengingat kebaikan Tuhan. Jangan mengungkit-ungkit masa lalu.

Saya akan berbicara tentang “tujuan / goals” dari sudut pandang biblical. Alkitab memiliki hal tentang ini, tetapi banyak dari kita tidak mencarinya. Pernah suatu kali beberapa tahun lalu, di gedung yang saya miliki, di lantai bawahnya adalah restoran, dan saya duduk disana bersama anak saya. Kami sedang minum teh kami di pagi hari. Ada seorang pria yang keluar dari mobilnya di seberang gedung dan mulai memasuki gedung kami, saya bertanya kepada anak saya “nak, lihat orang itu?” anak saya berkata “ya”.. lalu saya berkata “saya ingin mengatakan sesuatu tentang dia.” Anak saya bertanya apakah saya mengenal orang tersebut? Saya menjawab tidak. Saya tidak pernah melihat orang itu seumur hidup saya, tetapi saya ingin memberitahu kamu tentang apa yang ia pikirkan. Anak saya bertanya apa yang dipikirkan oleh orang tersebut? Saya menjawab orang tersebut sedang berpikir tentang bagaimana dia bisa membayar tagihan. Ia berpikir bagaimana caranya dia bisa memberikan anaknya pendidikan yang terbaik. Ia berpikir bagaimana mendapatkan pensiun yang menyenangkan saat ia tua nantinya. Saya mengatakan ke anak saya, hal tersebut penting. Karena hal-hal tersebut seringkali dilupakan saat membangun kerajaan kita. dan kita harus menciptakan sebuah pola pikir, kita harus membuang pikiran-pikiran kita yang dapat merubah tujuan awal kita dan kita harus menaruh komitmen yang tinggi akan nilai dari tujuan awal kita.

Anda harus mengusahakan akan menjadi seperti Anda nantinya dari segi karakter. Anda perlu mengaktifkan tombol yang namanya "Pilihan" untuk menjadi Anda menjadi seperti yang Anda inginkan. Ada beberapa persepsi yang salah tentang goal orientation, beberapa di antaranya adalah : Bohong kalau Anda tidak perlu kehilangan keluarga Anda, Bohong kalau Anda tidak akan menjadi seperti robot, Bohong kalau Anda tidak perlu menjadi kasar. Saya telah memimpin perusahaan selama puluhan tahun dan kami tidak pernah sekalipun dituntut. memang pasti ada masalah, terkadang kami menggunakan pengadilan untuk membereskan masalah tersebut, tetapi hingga hari ini belum pernah ada yang mengatakan kami mencurangi pihak lain. Anda tidak akan pernah bisa membantu orang lain meraih tujuan mereka kalau Anda tidak melakukan pengaturan dalam hidup Anda.

Balik kepada alkitab. Alkitab memiliki begitu banyak tanda yang harus kita telaah untuk kita mengerti maksudnya untuk membawa kita kepada pengetahuan yang baru. Menarik bagi saya melihat bahwa Tuhan memberikan tujuan-tujuan yang penting untuk orang-orang yang dipilihNya dan biasanya tujuan itu menjadi permanen atau seumur hidupnya.

Saya ambil contoh, Musa diberikan tujuan seumur hidup oleh Tuhan untuk membawa kaum Israel ke tanah perjanjian. Pada saat ia selesai mengantarkan bangsa israel, ia meninggal. Yohanes Pembabtis memiliki tujuan untuk memperkenalkan mesias yang baru seumur hidupnya. Yesus, Juru selamat kita juga meninggal setelah ia menyelesaikan tugasnya menebus kita di kayu salib. Anda lihat dalam alkitab, Allah memberi kita umur, dan di dalam umur, ada tujuan yang harus kita selesaikan. Dan seperti Anda lihat, hal yang sama juga terjadi dengan kita, tidak hanya kepada tokoh-tokoh besar di Alkitab saja.

Ada banyak penelitian yang dilakukan, dan saya juga menemukan bahwa siapapun baik yang berumur 40,50,60 bahkan 90 tahun, apabila orang tersebut menaruh hati, pikiran, jiwanya kepada sesuatu yang menjadi tujuan hidupnya, tubuhnya seakan-akan memprogram ulang sistem tubuhnya. pikirkan ini. Saya tidak mengatakan Anda harus menemukan tujuan anda untuk 5 atau 10 tahun ke depan, tetapi tentang Anda menemukan sesuatu yang menjadi tujuan hidup Anda untuk seumur hidup Anda dan hal tersebut tidaklah bisa hilang/kadaluarsa. Karena Anda akan menjadi orang yang berbeda dengan Anda 5 tahun mendatang.

Orang lain mengatakan "tujuan hidup", orang-orang komersial juga mengatakan tentang "tujuan hidup". Orang-orang periklanan mengatakan bahwa tujuan hidup adalah mengambil/menerima apa yang tidak mungkin untuk orang lain. Ada seseorang yang bernama Sidney Kidman, dia adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan yang baik pada jamannya, ia pulang ke rumah, dan memutuskan untuk melakukan perjalanan ke padang gurun di australia. perlu diketahui padang gurun australia ada begitu banyak unta, serangga, ular, buaya dan lainnya. Sidney berumur 13 tahun dan hanya mempunyai 0.5 dollar di sakunya, dan dia memiliki kuda bermata satu yang diberi nama cyclops. Dan dia memiliki mimpi untuk menjelajahi setiap tempat di australia dari utara hingga selatan dan ingin memiliki banyak tanah di australia. Anda tahu bahwa sekarang ia memiliki perusahaan properti terbesar di Australia, dan dia memiliki peternakan yang lebih besar dari semua peternakan di texas. Ia mencapai tujuan hidupnya.

Ada seseorang yang memberikan pengaruh lebih besar ke saya daripada siapapun di dunia ini. namanya adalah W.Clementstone. Ia adalah seorang bilyuner yang berasal dari amerika dan dia mencintai Tuhan. Dan dia sangat orang yang sangat tidak biasa, dia tidak bisa berpikir negatif, saya ingat saat saya makan malam dengan dia, saat itu dia berumur 84 tahun, dia kehilangan 400 juta dollar hari itu. dan istrinya sedang sakit pada saat itu. Dan saat saya menyalaminya, dia mulai cekikikann dan berkata "saya pastilah orang yang paling beruntung di dunia. lihat betapa seringnya saya tersedak". Dia memiliki tujuan hidupnya juga. Dia memiliki track record yang baik juga, karena dia sering melihat waktu dan mengatakan ada begitu banyak hal yang ingin dia lakukan.

Banyak orang bertanya kepada saya, bagaimana Anda bisa bertahan? Bagaimana Anda bisa mendapatkan semua itu? Bagaimana caranya Anda bisa terus berjalan? Saya mengatakan saya lebih terfokus kepada mimpi saya daripada kegagalan saya. Dan bagaimana saya bisa melakukan itu, karena ada seseorang bernama Yusuf dan dia adalah seorang pemimpi yang berhasil mewujudkan mimpinya. Kita harus kembali kepada jaman itu kalau perlu. Kenapa kita perlu bermimpi? karena mimpi adalah seperti kapal feri yang membuat kita terus maju, kita berusaha membuat sesuatu dari ketidakadaan. Kita perlu goals untuk mengatur standard kehidupan kita, Kita perlu goals untuk memerdekakan kita dari batas nyaman kita. Kita perlu goals untuk memaksa diri kita untuk melakukan yang terbaik dari diri kita.

Pikirkan 3 hal yang kamu inginkan dalam hidupmu. Yang paling benar-benar engkau inginkan, dan pastikan 3 hal tersebut berupa hal-hal yang bersifat materialistik. Jangan katakan engkau menjadi orang yang lebih baik atau semacamnya. Kenapa saya melakukan ini? karena alkitab berkata, tanpa visi/tujuan, engkau akan binasa. Pikirkanlah! Mimpikan hal itu. Apa 3 hal yang Anda inginkan dalam hidup Anda?

Anggap saja kita sudah menemukan 3 hal itu. Anggap saja 3 hal itu adalah rumah, bisnis dan real estate. Apakah Anda tahu susahnya untuk menyuruh orang lain bermimpi? Sungguh susah karena terkadang kita bermimpi terlalu besar sehingga mereka berpikir mereka tidak bisa meng-handle mimpi itu, tidak bisa memenuhi mimpi tersebut, dan mereka KETAKUTAN akan mimpi mereka sendiri.

Langkah selanjutnya adalah, prioritaskan mimpi Anda, dari 3 mimpi ini. Pililah satu dari mimpi Anda yang Anda rasa akan bisa menghidupi Anda seumur hidup Anda. Karena Anda tidak bisa mendapatkan semua, Anda harus mengambil salah satu pilihan. Kebanyakan orang akan mengatakan bisnis.

Langkah selanjutnya : karena kita mengambil bisnis, pertanyaan saya. Kira-kira berapa jumlah uang yang Anda inginkan / Anda kira-kira bisnis Anda akan hasilkan untuk untuk menghidupi Anda seumur hidup? 10 milyar USD? 50 juta USD? anggap saja kita anggap 10 juta USD sebagai jawabannya.

Jadi langkah yang telah kita ambil adalah : mimpikan itu -> prioritaskan -> jumlahkan mimpi Anda. Ini adalah hal yang sangat dasar bahkan anak kecil berusia 10 tahun pun bisa melakukan ini. Mari kita masuk ke level berikutnya. Saya akan memberikan kepada Anda : PERSONAL REQUIREMENT yakni imajinasi, persepsi, tekanan, dan keberanian. dan berikan nilai 0-10 untuk setiap hal ini. Mari kita lihat Anda terbuat dari apa.

1. Dalam imajinasi Anda, bukan realiti saja, seberapa jelas anda dapat membayangkan Anda memiliki uang sebanyak 10 juta USD? berikan nilai 10 apabila Anda merasa Anda bisa membayangkan secara jelas sekali, dan berikan 0 apabila Anda masih bisa belum merasakannya. Pilih angka dari 0 -10.

2. Saya ingin mengetahui persepsi Anda, Dari kira-kira 10 keputusan besar yang Anda ambil hingga saat ini (ingat bahwa Tuhan memperhatikan setiap keputusan Anda), kira-kira berapa banyak dari keputusan itu adalah keputusan yang benar? berilah angka dari 0-10. kira-kira berapa banyak keputusan besar yang Anda rasa tepat?

3. Seberapa besar Anda bisa menghandle tekanan/ masalah? Ketika masalah datang atau semuanya tiba-tiba berantakan dan itu salah Anda. Seberapa besar Anda bisa mengatasi masalah itu? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

4. Seberapa nekat dan gila Anda untuk menerima tantangan baru? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

Apakah Anda belajar sesuatu dari pertanyaan-pertanyaan diatas? Apakah Anda mengenal diri Anda sendiri? Apakah Anda mengetahui kelemahan dan kekuatan Anda? Apa saja yang menjadi rasa malu saya. Apakah Anda benar-benar mengenal diri Anda?

Dari jawaban-jawaban Anda, nilai yang Anda berikan. Saya bisa mengetahui bahwa ciptaan Tuhan adalah mengagumkan. Apabila Anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan diatas, kombinasi dari jawaban ini tidak akan ada yang sama. Tuhan memberikan kita kemampuan, pikiran, persepsi yang berbeda satu sama lain. Berapa pun banyak orang yang lahir di dunia ini, tidak akan ada yang sama dengan Anda. Anda UNIK! Anda berbeda. Anda mungkin memiliki mimpi yang sama, tetapi cara mengekspresikannya pasti beda.

Mari kita lanjut ke level berikutnya, Setelah kita membahas tentang PERSONAL REQUIREMENTS yakni imajinasi, persepsi, tekanan dan keberanian, saya akan memberikan kepada Anda BASIC REQUIREMENTS yakni desire, code ethic, status quo, dan knowledge absortion,

1. Desire. Seberapa besar hasrat Anda memiliki 10 juta USD ini? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

2. Code ethic. Dari cara kerja Anda, seberapa keras kerja Anda untuk mendapatkan 10 juta USD ini? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

3. Status quo. Apabila tidak ada yang berubah dari hidup Anda. Anda masih bangun di jam yang sama, bekerja dengan lingkungan yang sama. Benar-benar tidak ada yang berubah dari hidup Anda sekarang, dan Anda melakukan rutinitas yang sama, kira-kira berapa besar kemungkinannya Anda akan mendapatkan 10 juta USD? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

4. knowledge absortion. Apabila saya menjelaskan kepada Anda tentang ajaran Einstein tentang teori kuantum dan lain halnya. Dan saya meminta Anda untuk menjelaskan hal ini juga kepada orang lain juga, seberapa besar atau seberapa baik Anda bisa melakukannya tanpa kesalahan? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

Apa yang terjadi hingga level ini? Anda mulai memiliki mimpi dan Anda akan mulai bergumul dengan diri Anda sendiri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini karena pertanyaan-pertanyaan ini sulit. Dan ini benar-benar menganggu saya, karena apabila saya Tuhan yang bisa melihat dari surga 20 tahun ke depan, saya tidak ingin Anda masih melakukan hal yang sama. Kita harus bertindak. Kita bisa melakukan lebih dari yang sekarang kita lakukan, kita memiliki kepintaran yang lebih daripada kepintaran kita sekarang, dan kita punya Tuhan yang memberkati dan membimbing kita.

Sekarang kita masuk ke LIMITING FACTORS!

1. Anda menginginkan 10 juta USD. sekarang, dalam kenyataannya, ada berapa banyak uang yang Anda miliki apabila dibandingkan dengan 10 juta USD? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya? ingat kalau Anda mengatakan skor Anda 1. berarti Anda punya 1 juta USD! Berapa angka Anda?

2. Apakah Anda memiliki Planning / Rencana akan bagaimana Anda bisa mendapatkan 10 juta USD ini? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya?

3. Apabila Anda memiliki 10 juta USD, Anda mungkin orang paling kaya di dunia dan mungkin tidak ada yang menyaingi Anda. Seberapa besar Anda mengetahui dunia? entah dari budayanya? transportasinya? makanannya? politik negara itu? sejarah? dan lainnya ... dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya? Untuk informasi saja, nilai saya 1.5

4. Ketika Anda lahir, Ibu Anda memegang jari tangan dan kaki Anda dan berkata Anda begitu sempurna. Anda nilainya 10! Anda memiliki potensi untuk menjadi nilai 10. Yesus adalah 10+. Paulus memiliki kapasitas untuk nilai 8. Sekarang pertanyaan saya, dengan kapasitas yang Anda miliki dan diberikan Tuhan, dalam perubahan dunia. Seberapa besar Anda telah mengubah dunia? dari 0 - 10 kira-kira berapa angkanya? Untuk informasi, saya mungkin telah melakukan 6-8 perubahan terhadap dunia.

---------------------------------------------------------------------------

Saya ingin memberikan Anda sebuah formula tentang GOALS!

1. to find your goals. Apabila Anda tidak atau belum memiliki goals, sekarang Anda setidaknya memiliki satu.

2. Set out your strategy. Plans and progress means POWER! kita harus mengatur strategi.

3. Plan out your problems. setiap orang punya masalah. Kita punya kemampuan untuk memecahkan masalah karena kita memiliki Roh Kudus, kita memiliki Tuhan untuk menjawab masalah Anda. Saya buta warna, saya tidak bisa melihat warna atau mengerti tentang warna, tetapi saya bisa melukis. Saya bisa mengerti kira-kira warna apa yang mereka dari nomor warna yang ada.

4. Jaga Kesehatan Anda. Saya berumur 78 tahun dan saya menjaga kesehatan saya, saya masih olahraga tinju, lari, menunggang kuda, berjalan. Jaga fisik, karena ketika tubuh Anda habis, habis jugalah mimpi Anda.

5. Have spiritual relationship. Kebutuhan spiritual ini penting karena ketika semua sesuatu terkadang berjalan aneh atau di luar kendali kita, diluar pikiran kita, kita membutuhkan kekuatan yang lebih besar dari kita dan apabila kita menjalin hubungan dengan penyelamat kita Yesus Kristus, kita memiliki kekuatan. Selama kita memiliki financial resources, perhatikan orang-orang di sekitar Anda. Kita juga harus memiliki friends resources karena teman-teman juga sama pentingnya.

6. Relate to time frames. Waktu adalah hal yang sangat berharga yang berasal dari Tuhan. Ada waktunya untuk memanen dan ada waktunya untuk menuai. Saya senang menghabiskan waktu Anda dengan saya karena Anda mau menyisihkan waktu Anda untuk belajar dan saya senang menghabiskan waktu saya untuk mengajar Anda dengan harapan Anda belajar sesuatu.

7. Create a masterplan. buatlah rencana untuk mewujudkan itu semua.

8. DO IT NOW!

Anda harus mengerti bahwa mimpi Anda penting. Mimpi adalah proyek jangka waktu panjang, bukan jangka pendek. Ada satu lagi pertanyaan penting yang Anda harus tanyakan ke diri Anda sendiri yaitu "Apa misi Anda di dunia ini?" Kalau saya berteriak di hadapan banyak orang berulang-ulang pertanyaan ini, mungkin akan ada beberapa yang menjawab walaupun jawabannya klise, tetapi tahukah Anda bahwa mimpi seseorang terkadang membutuhkan hidup Anda. Whatever you are doing in your life time, that is what you traded your life for! Whether if it a small dream or a big dream, i still will costs you your life. Dan lagi, Anda akan menjadi orang yang berbeda 5- 10 tahun mendatang dibandingkan dengan Anda sekarang. Jadi mimpi Anda haruslah mimpi yang dapat diraih. Dan saya mengajak Anda untuk membaca lebih banyak.

Saya sedang berbicara dengan seorang anak muda yang bekerja di perusahaan energi. Dan Anda akan menemukan banyak hal bahwa banyak hal berubah dari segi energi baik tahun ini dan tahun-tahun mendatang, tahukah Anda bahwa semua lokomotif awalnya dari mesin uap? dan dalam revolusi industri menyebabkan banyak hal berubah. sekarang ada energi diesel, batu bara dan lain sebagainya. Dan saya perkirakan dalam 20-25 tahun sekarang, mungkin energi diesel, batu bara dan minyak tidak lagi digunakan. Hal ini bisa menyebabkan sesuatu pada segi ekonomi negara2 di timur tengah, karena bisa jadi 20-25 tahun ke depan kita tidak lagi menggunakan energi solar, tetapi bisa jadi menggunakan teknologi euro solar atau semacamnya. Tetapi apapun itu Anda akan berubah 5-10 tahun ke depan dan begitupun juga dengan dunia.

Jadi, kalau Anda dapat menjawab apa kira-kira misi Anda. Saat Anda membaca buku/koran/informasi, Anda hanya perlu mencari 3 hal. Sembari Anda membaca buku, Anda mencari :

1. Informasi. tetapi informasi yang Anda cari haruslah sesuai dengan apa yang menjadi misi Anda. Misalnya saat Anda mau dioperasi, Anda tentu mencari informasi tentang rumah sakit, dokter yang berpengalaman, jenis penyakit yang anda derita dan lain sebagainya. Anda tentu tidak membutuhkan informasi tentang cara mengawinkan kupu-kupu bukan? Apabila Anda ingin merubah dunia lewat dunia perbankan misalnya, Anda tidak membutuhkan informasi tentang kupu-kupu.

2. Principal. Prinsip akan menguatkan pondasi hidup Anda. Anda akan terbantu dengan prinsip-prinsip orang-orang yang berkutat di masalah yang sama yang menjadi misi Anda dan mereka.

3. Key Phrases. Kata/kalimat adalah alat untuk meneguhkan Anda. Apakah Anda tahu ada kalimat yang benar-benar dipakai di Amerika yang bisa menyatukan seluruh bangsa yaitu "dont think about what the country for you, but what you can do for your country?". Kata adalah kalimat untuk menyatukan integritas kita kepada peneguhan mimpi kita.

Hal yang penting saat saya membaca buku adalah siapa pengarangnya. Hal ini penting. Pernah saya mengajar di sebuah kampus, ada seseorang yang menghampiri saya setelah saya selesai mengajar dan bertanya "Pak Daniels, apakah Anda pernah membaca buku ini?" saya menjawab saya belum pernah membacanya, dan saya bertanya siapa penulisnya dan ketika ia sudah mengatakan siapa penulisnya, saya bertanya kepadanya lagi "apa saja hal yang telah penulis itu telah lakukan untuk dunia? karena banyak orang bisa menulis buku, tetapi apa yang telah dia lakukan untuk membuktikan validitasnya?" orang itu menjawab "Saya tidak yakin ia telah melakukan apa-apa untuk dunia" saya mengatakan jawaban Anda relevan, dan saya akhirnya mengetahui belakangan bahwa dia adalah pemilik universitas itu.

Saya ingin mengatakan bahwa Anda harus berhati-hati saat Anda membaca sebuah buku. Karena waktu Anda berharga, Ketika Anda membaca sesuatu yang tidak berguna untuk Anda, Anda menghabiskan waktu Anda. Karena otak kita seperti kolam yang besar tetapi airnya hanyalah berbentuk riak. Dan dengan membaca Anda belajar untuk memberikan volume air pada tangki Anda.

No comments:

Post a Comment