Sunday, July 17, 2011

Paraboles (perumpamaan) - AR Bernard

Didalam Matius 12:48 dikatakan bahwa yesus menolak utk mengakui siapa Ibunya dan bukan bahwa dia sebenarnya tidak mengakui ibunya atau keluarganya, tetapi pada masa itu dia mendapatkan penolakan dari bangsanya dan ia mendapatkan perlakukan yang berbeda dari pemerintah yang berkuasa sat itu, dan pada saat itu penolakan yang ia hadapi adalah penggenapan dari perjanjian lama dan penolakan itu dilakukan bukan karena aksi satu individu, tetapi penolakan itu berasal dari imam-imam.

Dan di ayat 13 , yesus mengajar dalam perumapamaan, yesus merubah cara dia berkomunikasi, saat saat matius 5-8 dia berbicara dalam bahasa yang jelas dan keras tapi di ayat 13 dia berbicara dengan bahasa perumpamaan, dan dia mulai menyampaikan perumpamaan yang pertama yg merupakan kunci dari semua perumpamaan yang dia katakan.

Perumpamaan yang merupakan kunci dari semua perumpamaan adalah perumpamaan tentang penabur yang menabur benih di berbagai jenis tanah. Yaitu Matius 13:3-9

13:3 Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.
13:4 Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.
13:5 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.
13:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.
13:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.
13:8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.
13:9 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.

Maksud perumpamaan tanah maksudnya adalah hati manusia. Cara berkomunikasi Yesus yang berubah ni ditanyakan oleh muridnya kenapa Yesus menggunakan perumpamaan di ayat 10, dan di ayat 11 yesus mengatakan, dikatakan bahwa murid-muridnya diberi karunia untuk mengetahui rahasia surga. Dan di ayat 13 dikatakan bahwa Yesus menggunakan perumpamaan karena walaupun mereka diberitakan tidak dengan perumpamaan pun, mereka tetap tidak akan mengerti. Dan ayat 14 dikatakanlah genaplah nubuatan itu.

Ayat Matius ini adalah sebenarnya adalah penggenapan dari yesaya ayat 6:9-10
6:9 Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!
6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh."
. Yang mengatakan mereka akan dbutakan matanya.


Kalau kita mau menarik garis keturunan, maka kita akan mendapatkan susuna seperti ini :

Jaman Nuh -->> Jaman Abraham -->> Jaman Musa -->> Jaman Yesus ---> ???? --> Yesus datang untuk kedua kalinya.

Setelah air bah, dunia mulai lagi dari nuh, dari noah semua makhluk memiliki pengalaman dan pengertian akan tuhan yng sebenarnya. Karena semua orang yang tidak percaya kepada Tuhan telah dimusnahkan.

Dan pada jaman Abraham, pada saat itu manusia masuk kedalam masa menara babel dimana manusia dipecahkan karena bahasa yang berbeda, mereka mencoba menggantikan kebenaran yang benar dengan kebenaran yang palsu dengan kebenaran yang mereka buat sendiri.

D jaman nuh, ateism / tidak percaya kepada tuhan sangat tinggi.
Dis jaman abrahama, politeisme (percaya kepada banyak tuhan) mulai mengambil alih kepercayaan masyarakat saat itu.
Dan alasan Abraham diperintahkan Tuhan utk memisahkan diri dari ayahnya, karena ayahnya adalah penganut politeisme. Dan tuhan mengajak abraham kepada penyembahan akan satu than. Jadi Tuhan menampakkan dirinya kepada abraham dan berjanji kepadanya dua hal. Yakni keturunannya akan ada sebanyak pasir dipantai dan bintang di langit.

Setelah jaman Abraham, berikutnya yang menjadi bangsa yang merupakanan jasmani yang tumbuh sekarang adalah bangsa israel. Bangsa ini digambarkn sebagai bintang ilahi . Jadi maksud Tuhan yang dijanjikan kepada Abraham adalah bangsa israel. Dan janji itu terus berlanjut, karena keturunan Abrahamberlanjut kepada keturunan isak dan yakub .
Tuhan menjanjikan tanah yang terjanji, kuasa tertentu dan hubungan tertentu yang menggambarkan hubungan bangsa israel dengan bangsa sekitarnya.

Dan bangsa israel setelah melewati masa padang gurun hngga masa hakim hakim, hingga masa raja2 ditegakkan dan melalui bangsa israel, tuhan menegakkan hukum dan sistem untuk satu bangsa.

Dsn melalui rajadaud, tuhan berjanji akan menegakkan satu kerajaan yang selama lamanya. Dan itu sebabnya bangsa israel menantikan mesias yang akan menegakkan satu kekuasaan utk selama lamanya sebagai penggenapan janji tuhan kepada Abraham

Pada waktu malaikat jibril datang ke maria mengatakan bahwa anak yang dikandungnya akan duduk di atas tahta daud yakni yesus, sebenarnya lewat malaikat itu, kelahiran yesus adalah penggenapan dari janji allah kepada abraham, itulah kenapa yohanes pembabtis berkotbah, dia berkata akulah penggenapan, akulah suara yng meluruskan jalan.

Jadi yesus dibabtis oleh yohanes pembabtis, dan kemudian dia mula berkotbah, dan inti dari kotbah Yesus adalah pertobatan. Dan Yesus sendirilah yang akan menggenapi penggenapan itu. Dan nabi yesaya yng menubuatkan ketika nabi itu akan datang, dikatakan bahwa saat ia datang, orang-orang bangsanya lah yang akan menolaknya (matius 13)

Dikatakan bahwa firmannya tidak datang kepada bangsa lain terlebih dahulu selain bgs yahudi, dan yesus tahu mereka akan menolak yesus. Dan kemudian setelah penolakan itu terjadi, Yesus mengalihkan pesannya kepads bangsa non yahudi..
Hingga akhirnya dia akan datang kedua kalinya, dia akan membalikkan hatinya kepada bangsa israel, jadi dari jaman dia disalib, dan dia datang lagi, disanalah kita hidup sekarang. di masa ??? (lihat skema)

Jaman ??? Dimulai dari saat pentakosta, dimana di jaman kita adalah pentakosta adalah gereja. Gereja sebenarnya adalah adalah pengumpulan orang orang yang percaya akan yesus kristus baik dari bangsa yahudi dan non yahudi, utk bergabung dalam satu kesatuan.

Dalam perjanjian lama, dikatakan bahwa nama tuhan akan dipanggil dan dimuliakan oleh umat yang bukan umatnya pada mulanya. Dan orang akan menyembahnya. Dan bangsa yahudi dan para nabi tahu mereka tahu tuhan akan bekerja diantara orang kafir. Tetapi mereka tidak mengerti akan adanya gereja, mereka tidak menyangka bahwa akan ada gereja.

Para muridnya dikenalkan dengan apa yg dia katakan tetapi muridnya tidak mengerti, dan rasul paulus dengan bantuan tuhan mulai menjelaskan apa yang dimaksud dengan gereja.

Dan cara pengajaran Yesus yang berpindah dari cara bicara yg jelas ke bentuk perumpamaan memiliki arti realisme dsn simbolisme. Dalam bentuk realisme berbicara ttg kenyataan. Misalkan pernkahan, tabur tuai, tentang janda, bapak, anak, petani.

Parables, (perumpamaan) kata 'para' artinya pedamping. Roh kudus disebut paraklik.
Jadi perumpamaan maksudnya mendampingi, mereka ada, namun tidak tampak. jadi bahsa perumpamaan disengaja agar mereka yang mendengar tidak langsung mengerti. Tetapi muridnya diberitahu kuasa tentang rahasia itu.

Kita adalah agen tuhan yg diberikan mata, hati dan pikiran. Dan satunya alasan kita perlu terang adalah karena adana kegelapan. Kegelapan dalam bentuk moral. Jadi yesus ingin kita menyampaikan kabar baik agar mata mata mereka terbuka.

Jadi ketika kita baca perumpamaan dalam matius dan lukas, kita harus mengerti, bahwa perumpamaan punya dua referensi yang tersurat dan tersirat.

Dan matius 13 ini adalah rahasia dari anatara pentakosta hingga hari sebelum dia datang,
Berbicara ttg mutiara yg mahal, ttg ikan yg baik dan tidak, ttg masa penunaian, ttg rahasia ygbada dan rahasia itu akan disingkapkan. Dalam matius 24:3 muridnya bertanya "Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" Dan Yesus menjawab bahwa akan ada kerajaan melawan kerajaan, murid2 Tuhan akan disiksa, akan ada gempa bumi dan lain sebagainya. Jadi yang kita alami sekarang sebenarnya sudah dinubuatkan sejak 2000 tahun yang lalu.

Dan dalam matius 25 ada 3 perumpamaan yg langsung bergbungan dengan kta. Yaitu:

1. perumpamaan tentang 10 pendamping wanita.
Artinya setiap individu bertanggung jawab ttg kedewasaan dan keselamatan rohani mereka sendiri.

2.Perumpamaan tentang talenta.
Perumpamaan ini adalah tentang pentingnya kita mengembangkan kemampuan kita. Mari kita bahas lebuh jauh.

3. Perumpamaan tentang domba dan kambing.
perumpamaan ini tentang pentingnya utk kita melayani org lain dalam kehidupan.

-------------------------------------------------

Mari kita bahas lebih lanjut tentang perumpamaan tentang talenta.

Matius 25:14
25:14 "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.

Perumpamaan ini perlu dibaca karena orang percaya perlu untuk mempertanggung jawabkan semua talenta yg dipercayakan kepada kita. Perumpamaan ini memiliki 4 komponen pelajaran. Sebelum itu, mari kita ibaratkan talenta dengan emas di jaman kita sekarang.

1 talenta dalam bentuk emas adalah 1.092000 dollar.
2 talenta adalah 2.184.000 dollar.
5 talenta adlah 5.460.000 dollar.

Jadi tuhan menginvestasikan talenta kemampuan kita bagi kita yang adalah sangat bernilai di matanya dan orang yg gagal dalam satu talenta, dia gagal dalam menghargai talenta, jadi ini adalah peringatan utk tidak merendahkan nilai yg ditaruh dalam hidup kita oleh tuhan.

4 komponen yang dimaksud dalam perumpamaan ini adalah :
1. Sang tuan. Maksudnya yesus dengan kekuasaanya adalah berkuasa dalam hidup kita.

2. Sang hamba adalah milik dari sang tuan. Jadi kita adalah simbolnya. Dan kita bukanlah yg memiliki segala sesuatu di dunia ini, tetapi kita adalah pengelola. Tiga hal yang Tuhan ingin kita kelola adalah stewardship, relationship dan leadership.

3. Journey / perjalanan. Ini adalah kehidupan yg kita jalani. Berapapun panjangnya umur kita. Itu adalah masa dalam jangka panjang, ketika waktuya datang, pertanyaannyan adalah how old i am and how old i am beng a christian.

4. Jarak/ Distance.
Sudah berapa jauhkah saya berhasil menjalani kedewasaan dalam segala bidang? bagaimana posisi saya dibandingkan dengan jumlah waktu yg saya milki? apakah saya bahagia mempertimbangkan berapa banyak yg tuhan sudah investasikan kepada saya.pakah saya putus asa? sinis? atau apakah saya sudah menggunakan semua pengalaman saya baik pengalaman negatif dan positif untuk menjadi org yg lebih baik? Apa saya bertanggung jawab akan dimana saya sekarang atau saya menyalahkan org lain? Apakah saya hidup dalam ketakutan untuk mejalani masa depan saya?

tidak ada seorang yg menerima lebih dari kemampuan mereka bisa mengelola. Jadi kalau orang tsb gagal, maka tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa beban mereka terlalu berat. Kalau kita gagal, hanya ada dua alasan yaitu kita malas atau kita tidak percaya bahwa sang tuan mengasihi kita dan menginvestasikan kita. Kalau kita menghadap tuhan nantinya, pertanyaan tuhan adalah apa yg telah kau lakukan dengan investasi yang telah Ia berikan dalam hidup kita., kalau kita berkata "tidak ada", walaupun kita masuk surga, kta tetap akan malu karena kita merasa kita bisa melakukan banyak hal.

Dikatakan dalam alkitab bahwa seluruh ciptaan alam semesta ini menantikan anak anak allah. Bagi bangsa israel, segalal sesuatu yang mereka lakukan adalah untuk menyenangkan hatinya, tapi jaman kita sekarang, kita diberi kasih karunia, so what we gonna do? Ini yang akan kita lakukan :

Lakukan apa yg kita bisa dan kejar apa yg bisa kita kejar dalam tuhan!

Dia berikan nama yg diatas segala, dia kita beri roh kudus, dia beri kita talenta, dia beri kita perlindungan, dia beri kita kemurahan hatinya, semua hanya karena dia ingin mendemonstrasikan kepada bangsa2 akan kuasa atas gereja. Dan itu sebabnya dia menjadikan kita lebih dari sekedar pemenang dan kita mampu melakukan sesuatu dalam nama kristus. Kita adalah ciptaannya dan kita dipisahkan agar kita dapat melakukan semuanya. Tuhan telah melakukan semunya agar ini dapat terjadi kepada kita, jadi apakah yg kita akan lakukan dengan segala yg kita sudah dapatkan?

Rasul paulus mengatakan bahwa murid-muridnya tidak mengerti semua nubuatan tetapi nubuatan itu tidak ditujukan kepada murid-murid jaman tertentu saja tetapi kepada kita semua hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment