Monday, August 22, 2011

Hidup menurut daging atau roh?

Galatia5:16-25
5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Paulus menjelaskan secara gamblang perbedaan antara daging dengan roh beserta akibatnya. Apabila kita meneliti Alkitab, ada banyak sekali perumpamaan yang menggunakan ilustrasi buah. Kenapa? karena buah adalah tentang pertumbuhan.

Ingat bahwa buah tidaklah tumbuh dalam semalam. Apabila pohonnya tidak baik, tidak mungkin hasilnya baik. Dan sebaliknya, apabila pohonnya baik, maka buahnya juga akan baik.
Pohon yang baik maupun pohon yang tidak baik, buahnya tidak akan tumbuh dalam satu malam.

Paulus juga menjelaskan bahwa daging dan roh berlawanan, mereka berbeda seperti langit dan bumi. Salah satu rahasia untuk menghadapi perbuatan daging adalah dengan mempersilahkan diri Anda dipimpin oleh roh. Paulus berulangkali menjelaskan dilema / pergumulannya tentang gading .

Roma 7:18 "Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik."
Ayat ini menjelaskan bahwa Paulus pun bergumul dengan kedagingannya. Ia ingin berbuat baik, tapi kedagingannya susah. Ia tidak ingin makan banyak, tetapi kedagingannya susah. Ia ingin sabar, tetapi kedagingannya susah.

Balik ke galatia 5:16-17. Setelah Paulus menjelaskan pergumulannya, ia juga memberikan peringatan bahwa apabila kita melakukan perbuatan daging, kita tidak mendapatkan warisan surga. Kita mungkin tinggal di surga, tetapi apa yang seharusnya menjadi milik kita, belum tentu kita dapatkan.

Dosa itu enak. rasanya enak. Tetapi konsekuensinya tidaklah enak. Dan Paulus menyadari hal ini. Paulus mengatakan bahwa dosa itu enak, tetapi ada sesuatu yang lebih enak dari itu, yaitu ketika kita menikmati hasil di surga. Seperti yang Paulus katakan, kedua hal ini bertentangan dan hanya roh kudus yang bisa menolong kita. Dan ingat, tidak bisa hidup dengan roh 1 hari saja untuk bisa menghapus kebiasaan atau keinginan daging.

Matius 13:24
13:24 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.
13:25 Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.
13:26 Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.
13:27 Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu?
13:28 Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?
13:29 Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.
13:30 Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

Perumpamaan ini berbicara tentang buah. Ada illang dan gandum. Tahukah Anda bahwa selama ada tanah, ilalang akan tumbuh? Susah untuk membedakan ilalang dan gandum karena mereka mirip. Jadi apakah karena ilalang tumbuh, kita harus mencabut semua gandum? tidak. Manakah yang lebih cepat tumbuh? ilalang atau gandum? jawabannya adalah ilalang. Ilalang dan semak belukar tidak perlu dipelihara, mereka dapat tumbuh dengan cepat.

Kita ambil contoh, Anda sudah 3 bulan terlepas dari pornografi dan akhirnya Anda jatuh lagi ke dalam masturbasi. Di sini iblis akan seakan mentertawakan Anda dengan mengatakan "see? anda tidak akan kudus. sudah, tidak usah berdoa lagi" .. akan sangat bodoh ketika Anda sudah menanam gandum selama 3 bulan, dan hanya karena ada sedikit semak belukar / ilalang, Anda mencabut gandum Anda. Bukankah seharusnya Anda tidak memperdulikan semak itu dan terus menambah gandum Anda?

Galatia 5:19-20 versi message bible mengatakan ini adalah akibat-akibat ketika Anda menuruti keinginan daging.

5:19 It is obvious what kind of life develops out of trying to get your own way all the time: repetitive, (hidup Anda terjebak dengan rutinitas)
loveless, (anda tidak merasa ada kasih)
cheap sex; (seks yang murahan)
a stinking accumulation of mental and emotional garbage; (perasaan emosi yang buruk)
frenzied and joyless grabs for happiness; (kebahagiaan semu)
5:20 trinket gods; (tuhan yang sementara)
magic-show religion; (sihir)
paranoid loneliness; (kesepian yang paranoid)
cutthroat competition; (sikut menyikut / persaingan tidak sehat)
all-consuming-yet-never-satisfied wants; (tidak pernah puas)
a brutal temper; (temperamen)
an impotence to love or be loved; (gagal untuk mencintai /dicintai)
divided homes and divided lives;
small-minded and lopsided pursuits; (berpikiran sempit)

No comments:

Post a Comment