Tuesday, September 27, 2011

Crazy Love

Galatia 5:22-23
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Kasih / Cinta adalah kata yang sering diumbar oleh manusia tapi banyak dari kita yang tidak mengerti arti cinta. Kita bahkan seringkali menunjukkan cinta dengan cara yang salah. Rasul Paulus menulis di 1 Korintus 13:13 yang berkata "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." Saat Paulus menulis ayat ini, ia menulis bukan karena ia berteori, tetapi karena ia mengerti, ia mengetahui dan pernah merasakan besarnya kasih sehingga ia mengerti bahwa dari 3 hal tersebut yang terbesar adalah kasih.

Pada saat perjanjian baru ditulis, ada 4 kata Yunani yang dipakai untuk mengungkapkan cinta.

1. EROS
Eros adalah bahasa Yunani yang berarti Erotis / erotik. Eros adalah cinta yang paling rendah karena eros adalah cinta yang berdasarkan atas kepuasan diri sendiri akan kepuasan seksual semata. Apabila pernikahan Anda didasarkan oleh EROS, maka ketahuilah bahwa cinta Anda adalah cinta yang terendah.

2. STERGO
Stergo adalah cinta kasih antara sesama anggota keluarga. Baik itu adalah cinta antara anak dengan orang tua atau sebaliknya.

3. PHILEO
Phileo adalah cinta yang dirasakan antara dua orang teman karena cocok 1 sama lain.

4. AGAPE
Agape adalah cinta yang paling tinggi. Cinta Agape inilah yang Tuhan berikan kepada kita. Agape adalah kasih tanpa syarat. Tahukah Anda bahwa Agape adalah salah satu kata yang paling susah untuk diterjemahkan karena artinya begitu dalam? Agape digambarkan seperti ini, "Ketika seseorang melihat, mengerti, mengakui, memahami, menghargai nilai dari suatu benda/ individu, ia memberikan penghargaan tertinggi kepada benda/individu tersebut sehingga ia tidak memiliki pilihan lain selain menyukainya."

Agape tidak melihat dari apa yang bisa didapatkan dari orang lain, tetapi melihat apa yang bisa ia lakukan untuk orang lain. Begitu besarnya cinta itu sehingga cinta Agape tidak memperdulikan apakah ia mendapat respon / tidak. Terlepas dari respon yang di terima / tidak, Ia tetap memberikan cinta itu.

Cinta Agape tidak diam saja ketika manusia memalingkan muka mereka dari Tuhan dan berjalan menurut kemauannya sendiri, tetapi Tuhan dengan cinta Agapenya tetap mencintai dan menyelamatkan manusia walau ia harus mengorbankan anaknya sendiri.

Dalam Yohanes 3:16 dikatakan "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Tahukah Anda betapa besarnya kasih Allah? kata begitu besar di ayat itu adalah sesuatu yang sangat besar yang mana otak dan pikiran Anda tidak akan pernah mencapai dan mengetahui seberapa besar kasihNya. Karena begitu besar, kalimat manusia hanya bisa mencapai begituuuuuu besaaaaar. Cinta tidak pernah gagal karena pada dasarnya dia tidak mengharapkan apa-apa. Ia sekedar hanya ingin mencintai. Sadarkah Anda bahwa kita semua adalah korban dari cinta Tuhan yang Agape?

1 Korintus 13 :4-7 (versi BIS)
13:4 Orang yang mengasihi orang-orang lain, sabar dan baik hati. Ia tidak meluap dengan kecemburuan, tidak membual, tidak sombong.
13:5 Ia tidak angkuh, tidak kasar, ia tidak memaksa orang lain untuk mengikuti kemauannya sendiri, tidak juga cepat tersinggung, dan tidak dendam.
13:6 Orang yang mengasihi orang-orang lain, tidak senang dengan kejahatan, ia hanya senang dengan kebaikan.
13:7 Ia tahan menghadapi segala sesuatu dan mau percaya akan yang terbaik pada setiap orang; dalam keadaan yang bagaimanapun juga orang yang mengasihi itu tidak pernah hilang harapannya dan sabar menunggu segala sesuatu.

Ayat diatas adalah tulisan Rasul Paulus. Begitu besar kasih Allah sehingga Paulus pun tidak bisa meringkas pengertian kasih Allah yang begitu besar dalam 1 kalimat. Karena ia mengerti akan begitu besarnya kasih Allah. Kenapa ia mengerti akan kasih Allah yang begitu besar? Karena ia pernah menerima kasih itu.

-------------------------------------

Roma 8:28 berkata "Kita tahu bahwa Allah mengatur segala hal, sehingga menghasilkan yang baik untuk orang-orang yang mengasihi Dia dan yang dipanggil-Nya sesuai dengan rencana-Nya."

Bayangkan kalau manusia yang menerima cinta kasih Allah yang Agape memalingkan wajahnya kembali ke Tuhan dan membiarkan Allah mengerjakan rencana-rencana Allah bekerja dalam hidup mereka. Bayangkan apa yang akan terjadi ketika Anda memutuskan memberikan respon kepada kasih Allah yang begitu besar.

-------------------------------------

Yohanes 13:34-35
13:33 Anak-anak-Ku, Aku tidak akan tinggal lama lagi dengan kalian. Kalian akan mencari Aku, tetapi seperti yang sudah Kukatakan kepada para penguasa Yahudi, begitu juga Kukatakan kepada kalian; ke tempat Aku pergi, kalian tak dapat datang.
13:34 Perintah baru Kuberikan kepadamu: Kasihilah satu sama lain. Sama seperti Aku mengasihi kalian, begitu juga kalian harus saling mengasihi.

Ini adalah perintah baru yang diberikan kepada Tuhan setelah kita memutuskan untuk mau merespon kasih Allah. Kita juga harus memberikan kasih kepada sesama kita setelah kita menerima kasih Allah yang Agape. Karena yang bisa mengasihi seperti Allah adalah mereka yang pernah menjadi korban dari kasih Allah.

-------------------------------------

1 Yohanes 4:7-8
4:7 Saudara-saudara yang tercinta! Marilah kita mengasihi satu sama lain, sebab kasih berasal dari Allah. Orang yang mengasihi, adalah anak Allah dan ia mengenal Allah.
4:8 Orang yang tidak mengasihi, tidak mengenal Allah; sebab Allah adalah kasih.

Roma 5:5
5:5 Harapan yang seperti ini tidak akan mengecewakan kita, sebab hati kita sudah diisi oleh Allah dengan kasih-Nya. Allah melakukan itu dengan perantaraan Roh-Nya, yang sudah diberikan kepada kita.

No comments:

Post a Comment