Sunday, May 8, 2011

Invitation

1 korintus 13:13 berkata “Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.”.

ketiga hal ini selalu ada. Mari kita membahas pengharapan, apa itu harapan? Harapan adalah penantian akan terwujudnya hal-hal baik di masa depan. Harapan mengundang sebuah pembicaraan, Karena kalau tidak lagi ada harapan, apa yang mau dibicarakan? Harapan juga menghidupkan doa, orang-orang/hal-hal yang tadinya kita tidak ucapkan dalam doa, kita jadi mendoakan orang/hal tersebut lagi. Harapan juga membuat orang bertahan lebih lama. Harapan juga membuat orang bergerak. Harapan adalah bahan bakar untuk kita menjalani masa depan dan kita harus pastikan bahan bakar itu tidak akan habis.

Setiap pengharapan yang didasari oleh firman bisa disebut dengan iman. Dan Iman yang melihat ke depan disebut dengan pengharapan. Karena harapan adalah undangan untuk Anda masuk ke dalam iman. Tanpa pengharapan, iman anda tidak dapat muncul, tetapi karena berfungsi sebagai undangan, anda dapat menerima/menolak undangan tersebut.

------------------------------------------------------------

Roma 15:13 berkata “Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.”

Allah adalah sumber pengharapan kita dan terkadang dengan kekuatan kita sendiri mungkin kita sudah tidak menemukan harapan, disaat kita menaruh pengharapan kita kepada manusia, mungkin pengharapan kita terlihat habis, tetapi selama roh kudus masih berbisik kepada kita, ketahuilah bahwa pengharapan kita belumlah habis. Roma 4:18 : “Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."

------------------------------------------------------------

Markus 5:25-29 BIS
5:25 Di antaranya ada pula seorang wanita yang telah dua belas tahun sakit pendarahan yang berhubungan dengan haidnya.
5:26 Semua kekayaannya sudah habis dipakai untuk membayar dokter-dokter, tetapi tidak ada yang dapat menyembuhkannya, malahan penyakitnya terus bertambah parah.
5:27 Wanita itu sudah mendengar banyak tentang Yesus. Maka di tengah-tengah orang banyak itu, ia mendekati Yesus dari belakang,
5:28 karena ia berpikir, "Asal saja saya menyentuh jubah-Nya, saya akan sembuh!"
5:29 Ia menyentuh jubah Yesus, dan seketika itu juga pendarahannya berhenti. Ia merasa bahwa ia sudah sembuh.

Orang yang menjadi pahlawan di dalam cerita diatas adalah mereka yang tidak ditulis namanya dalam cerita ini, yaitu orang-orang yang bercerita tentang yesus. Mungkin wanita ini mendengar tentang yesus dari orang yang bercakap-cakap di kerumunan/pasar atau tempat lainnya kita tidak tahu. Karena kalau tidak ada yang menceritakan tentang yesus, wanita ini tidak akan mengetahui apa-apa tentang yesus. Dan selama 12 tahun, pengharapan wanita ini naik turun, disaat dikatakan ada dokter hebat, pengharapannya naik, dan disaat dokter hebat tersebut tidak bisa menyembuhkan dirinya, pengharapannya turun lagi. Dan hal ini udah berkali-kali terjadi hingga dikatakan bahwa bukannya sembuh, penyakitnya bertambah parah. Tuhan dapat menggunakan mulut kita untuk menghidupkan lagi pengharapan-pengharapan orang lain. Karena harapan bisa muncul hanya karena dari pembicaraan.

------------------------------------------------------------

Ibrani 6:10-12
6:10 Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.
6:11 Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya,
6:12 agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

Banyak orang memiliki iman, namun mereka tidak sabar. Mungkin kita melakukan sesuatu pelayanan yang orang lain tidak pernah lihat, dan mungkin orang tidak pernah berterima kasih kepada kita atas pelayanan kita, namun ketahuilah bahwa tuhan melihat semua pekerjaan kita dan ia tidak pernah lupa akan hal itu. Kita harus menggunakan pengharapan kita karena kalau kita bersungguh-sungguh dalam tuhan, kita akan mendapatkan apa yang menjadi pengharapan kita dengan pasti dari tuhan menurut apa yang tuhan telah rencanakan.

------------------------------------------------------------

Yeremia 17: 7-8
17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Saat kita menaruh harapan kepada tuhan, pastikan terlebih dahulu anda mengetahui siapa tuhan anda. Tuhan adalah kebenaran, karena yesus berkata “akulah jalan kebenaran dan hidup”. Banyak orang pengharapannya ngawur karena mereka tidak mengenal siapa tuhannya.

Yeremia 29:11
29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

------------------------------------------------------------

Ratapan 3:21-26
3:21 Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap:
3:22 Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,
3:23 selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!
3:24 "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.
3:25 TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia.
3:26 Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN.

Perhatikan ayat 21, kalau anda tidak lagi punya sesuatu untuk mengharapkan pengharapan, mungkin orang lain sudah menyerah dengan anda dan mengatakan tidak lagi ada harapan, ingatlah ini bahwa rahmat tuhan selalu baru setiap hari, artinya kalau kita bertemu dengan 1 hari lagi, kita bertemu dengan kesempatan lagi, dan sekali-kali, lihatlah ke belakang sebentar dan hitung sudah berapa banyak berkat yang anda dapatkan dari tuhan.

No comments:

Post a Comment