Sunday, September 23, 2012

Akses

Doa adalah akses untuk menghubungi Tuhan kita yang tidak terbatas dan kita bisa menghubungi Tuhan kapan saja, dimana saja lewat doa.

------------------------------

Ibrani 4:15-16

Tuhan kita besar tetapi meskipun Ia besar, Ia juga mengerti kelemahan-kelemahan kita dan bisa memberikan jalan keluar. Jadi di dalam doa, kita bisa berkeluh kesah dan lainnya. Orang yang memiliki dosa biasanya memiliki tendensi untuk menjauhi Tuhan. Oleh karena itu kita perlu keberanian untuk menghampiri tahta pengampunanNya. Adalah dosa yang membuat kita tidak nyaman dengan hadirat Tuhan. Pertanyaannya, adalah bagaimana kita datang kepada Tuhan? Jawabannya tentu saja lewat doa. Karena Tuhan hanyalah sejauh doa kita. Doa juga adalah senjata yang ampuh untuk kita sebagai orang percaya. Dalam doa, segala sesuatu mungkin terjadi. Berdoa juga adalah merupakan undangan untuk menjalin hubungan dengan Tuhan.

------------------------------

Mari kita ambil contoh orang-orang selainYesus yang walaupun mereka hanya orang biasa, tetapi karena mereka bersungguh-sungguh berdoa, maka doa mereka dikabulkan.

  1. Yakobus 5:16-18 = Karena kita merasa tidak benar oleh karena itu kita tidak layak untuk mendoakan orang lain, tetapi karena Kristus, kita dibenarkan (2 Kor 5:21)
  2. Lukas 1: 13 = Doa tentang Elisabeth yang mandul
  3. Kis 9:40-41 = Petrus mendoakan mayat bernama Dorkas / Tabitha

------------------------------

Matius 6: 5-8
Semakin Anda mengenal Tuhan, semakin doa Anda tidak bertele-tele, semakin fokus dan terarah karena banyak orang menyangka, semakin panjang dan banyak kata-kata yang dikeluarkan, maka doa akan dikabulkan.

Yesus mengajarkan pertama kali yang kita lakukan dalam berdoa adalah memanggil Tuhan dengan sebutan Bapa. Dengan memanggil dia Bapa, kita memposisikan diri kita sebagai anak. Jadi Yesus mengajarkan kita tentang relationship. Banyak orang yang takut atau gemetar atau bingung ketika mereka disuruh untuk berdoa karena kita seringkali berpikir kita harus merangkai kata yang indah untuk menyenangkan hadirin yang mendengarkan doa kita karena seringkali kita malah terfokus untuk menyenangkan hati orang yang mendengarkan doa 'indah' kita.

Tetapi kalau Tuhan sudah tahu apa yang kita mau sebelum kita meminta, untuk apa kita harus meminta? Karena seperti yang ditulis diatas, yang Dia mau adalah relationship. Dia ingin menjalin hubungan dengan Anda. Oleh karena itu berdoa adalah lebih tentang mendengarkan ketimbang berbicara. Berdoa juga menunjukkan ketergantungan kita kepadaNya. Bukan berarti doa memberikan ijin untuk kita bermalas-malasan meski memang tidak ada yang tidak mungkin dalam doa.

Jangan pernah lupakan perspektif bahwa Tuhan itu baik di level mana pun kehidupan Anda saat ini. Sayangnya banyak dari kita yang melihat Dia baik setelah kita melihat ke kehidupan kita yang lama. Dan sekedar informasi saja, di Alkitab ada beberapa hal yang menyebabkan permintaan kita tidak dijawab, yaitu :
  1. Yakobus 4: 3
  2. Ibrani 11: 6
  3. 1 Petrus 3: 7




No comments:

Post a Comment