Sunday, September 23, 2012

Siapakah Aku ini Part.1

Hampir setiap hari kita bercermin dan kebanyakan dari kita tidak terlalu menyukai siapa yang kita lihat di cermin tersebut. Jarang kita melihat orang bersyukur atas siapa yang mereka lihat di cermin itu.

-----------------------------------

Amsal 23:7a
Apabila Anda merasa tidak cantik, maka pujian orang lain atas Anda tidak akan berlaku. Apa yang Anda yakini akan bersuara lebih keras di dalam diri Anda. Bukan berarti gambar diri Anda sehat hari ini karena belum tentu gambar diri Anda akan sehat selalu karena misalnya, penolakan. Apabila Anda ditolak terus menerus oleh lingkungan Anda, keluarga Anda, gagal terus, bisa jadi hal ini akan merubah gambar diri Anda.

Iblis dari dari senang merusak gambar diri seseorang karena Iblis tahu, dia tidak dapat menyerang Tuhan, tetapi dia dapat menyerang gambarannya. Iblis juga tahu ketika seseorang memiliki gambar diri yang sehat, kemungkina besar orang tersebut akan berhasil.

-----------------------------------

Kejadian 3:1-5
Manusia digambar serupa dengan Allah (atau setidaknya mirip dengan Allah). Dan dosa pertama yang dibuat oleh manusia sebenarnya adalah masalahnya Iblis. Iblis ingin menjadi Allah. Tetapi Iblis tidak bisa, oleh karena itu dia merusak gambar diri manusia. Dia menipu manusia agar gambar diri manusia seperti Allah, padahal dari awal, mereka serupa dan sama seperti Allah, jadi tidak ada yang perlu dirubah sebenarnya.

Tahukah Anda bahwa self image sangatlah penting. Banyak perusahaan besar yang mengeluarkan milyaran uang untuk mempertahankan dan membangun brand image. Anda tidak perlu merusak kantor atau gedung-gedung perusahaan terkenal apabila Anda ingin menjatuhkan mereka. Anda hanya perlu merusak image dari perusahaan tersebut.

-----------------------------------

Gambar diri yang keliru dan rendah adalah sumber permasalahan dalam hidup kita yang mengakibatkan kita menjadi tidak suka dengan gambar diri kita sendiri dan tanpa disadari perbuatan kita juga akhirnya menjadi selaras dengan perkataan orang lain. Beberapa akibat dari self image yang keliru  :
  1. Orang tersebut akan menjadi depresi atau tidak pernah puas dengan dirinya sendiri.
  2. Mereka mencari pelampiasan atau pelarian.
  3. Mereka terus menerus mencari orang yang bisa membahagiakan mereka. Pertanyaannya adalah, ketika Anda merasa tidak bahagia dengan hidup Anda sendiri, bisa jadi tidak akan ada orang lain yang bisa membahagiakan Anda.
Kesempatan seringkali terbuka lebar, tetapi karena self image kita yang keliru, kita tidak berani mencoba. Perumpamaannya begini, kita meminta Tuhan untuk membuka pintu untuk hidup kita. kita berdoa-berdoa-berdoa dan ketika pintunya benar-benar dibuka, kita bukannya berjalan, tetapi malah berdoa lagi "Tuhan, dorong saya.dorong saya!" ... Tuhan bukan anak kecil yang bisa kita suruh-suruh. Ada bagian yang harus kita juga lakukan sendiri.

Musa juga memiliki self image yang keliru tentang dirinya sendiri ketika Tuhan mengatakan bahwa dia akan memimpin bangsa Israel. Mari kita lihat :
  • Keluaran 3:7-13 
  • Keluaran 4:1-5
  • Keluaran 4:10-13
-----------------------------------

Selama Anda tidak pernah menyerah dengan hidup Anda, Tuhan tidak akan pernah menyerah kepada Anda karena Tuhan selalu ingin berurusan dengan Anda.

Bilangan 12: 3
Musa yang awalnya tidak memiliki selfi image yang benar dapat menulis di kitab Bilangan bahwa dia memiliki hati yang lembut. Tahukah Anda bahwa banyak sekali hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda memiliki self image yang sehat?

Mazmur 139: 13-14


Kita ambil contoh ipad dan iPhone. Apa yang terjadi kalau saja iPad bisa iri dengan iPhone? Bagaimana kalau iPad bingung dan galau dan berpikir kenapa dia tidak bisa untuk menelepon. Kenapa dia tidak selangsing iPhone? Tetapi Apple sebagai  pembuat iPhone dan iPad sudah memberikan spesifikasi dan fungsi masing-masing kepada iPad dan iPhone.

Contoh lainnya adalah uang seratus ribu. Entah uang itu lecek, diinjak-injak, atau lainnya. Uang itu nilainya tetap seratus ribu. Kenapa? Karena Bank Indonesia selaku yang menerbitkan uang tersebut mengatakan bahwa nilainya seratus ribu. Nilai itu akan sama di belahan mana pun di Indonesia.

Anda pun juga begitu. Anda memiliki 'spesifikasi' Anda sendiri. Fungsi Anda sendiri. Nilai Anda sendiri dan ingat bahwa gambar diri Anda datangnya dari Tuhan selaku pencipta Anda.

No comments:

Post a Comment