Sunday, November 4, 2012

Firman yang tinggal di dalam kita

Anda pernah melihat teman Anda yang begitu senang mendapatkan surat dari kekasihnya sampai dia mencium-cium kertas surat itu, mungkin? Sadarkah Anda bahwa surat itu tidak berarti untuk Anda karena Anda tidak memiliki hubungan dengan pribadi yang menulis surat tersebut?

Yohanes 5:1-8
Surga memiliki kepentingan yang besar untuk melihat Anda berbuah dengan banyak. Syaratnya cukup dengan membuat yesus dan FIRMANNYA tinggal di dalam Anda. Kata  "Tinggal" di ayat ini maksudnya adalah benar-benar memberikan dampak kepada kita. Jadi firman bukan hanya sekedar hafalan belaka. Tetapi firman itu berakar di dalam hati, mengalir keluar ke hidup Anda dan firman itu berbuah.

Yohanes 5:37-38
Yesus menyindir, menegur dan menyerang bangsa Farisi yang terkenal mengenal dan hafal luar dalam hukum taurat karena bangsa Farisi tidak percaya dengan firman yesus. Bangsa Farisi boleh jadi hafal luar dalam hukum taurat tetapi mereka tidak melakukan hukum tersebut karena mereka tidak memiliki hubungan yang benar-benar pribadi dengan Allah sehingga meskipun mereka hafal luar dalam, firman tersebut tidak memiliki dampak besar dalam hidup mereka.

Yohanes 6:63
"Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup."

1 Yohanes 5:19-21 + 1 Yohanes 2: 14
Seluruh dunia berada dalam kuasa Iblis. Tetapi apabila firman Tuhan ada di dalam kita, kita dapat mengalahkan Iblis. Mari kita lihat Nuh. Ketika banjir besar, Nuh melepaskan 2 jenis burung. Yang pertama adalah burung gagak dan gagak itu tidaklah kembali. Kenapa tidak kembali? Karena mungkin, begitu banyak mayat yang terapung di air dan burung gagak itu sudah lama diet, jadi ketika burung gagak itu melihat banyak mayat, burung gagak itu berpesta.  Kita tidak bisa mengalahkan kejahatan apabila kita hanya menghafal firman atau datang ke gereja secara rutin. Agama tidak dapat mengalahkan kejahatan.

Yesaya 55:10-11
Mazmur 119 : 105-106
Ibrani  4:12-13

No comments:

Post a Comment