Thursday, November 11, 2010

Fun-tastic People

berapa banyak jumlah penduduk dunia ini dan berapakah jumlah yang sukses? berapakah yang menjadi pemimpin? pemimpin tentu memiliki berbagai macam kriteria bawahan yang akan mereka cari. semakin sering seorang pemimpin memiliki anak buah, semakin ia mengerti kriteria orang yang mereka cari, ada 3 respon yang dapat dilakukan oleh para bos ketika bawahannya mengajukan surat resign.

1. berteriak kegirangan karena anda resign dimana artinya anda tidak terlalu memiliki value yang baik terhadap perusahaan.

2. berkata "sungguh sayang sekali ia resign", artinya kontribusi anda diperhitungkan namun anda tidak se-value itu untuk dipertahankan.

3. pemimpin akan mempertahankan anda mati-matian untuk menjaga supaya anda tidak keluar.

semua dari kita tentu ingin menjadi kriteria no.3 diatas, kita ingin dipertahankan, kita ingin diakui, pertanyaannya adalah kira-kira ... apa reaksi bos kita saat kita mengajukan surat resign kita kepadanya? akankah ia mempertahankan kita mati-matian atau ia malah senang kalau kita mengundurkan diri? para pemimpin memerlukan orang-orang yang berkualitas, orang-orang yang fantastis. pernahkah berpikir apa yang membedakan kita dengan orang lain disekitar kita? dunia ini butuh perubahan, oleh karena itu dicarilah orang-orang yang memiliki keteguhan hati / great people. apakah kita great people? mungkin belum. karena kita masih "biasa-biasa" saja, jadi bagaimana cara menjadi orang yang great? caranya adalah dengan Choice dan Disiplin. mungkin kita sudah memilih/memutuskan sesuatu, tetapi apakah kita disiplin dalam menjalankannya? kita mungkin memutuskan untuk berolahraga, tetapi apakah kita benar-benar disiplin menjalankan disiplin itu? karena disiplin adalah hal yang sungguh susah. belajar disiplin untuk berdoa setiap hari saja susah sekali rasanya. oleh karena itu disiplin sangatlah penting. dari leaders meeting, dikatakan ada beberapa faktor yang akan menjadikan seseorang "great"

1. karakter

masalah karakter ini mengalahkan skill yang kita punya, ketika seorang leader sudah memiliki asam garam memiliki anak buah yang keluar-masuk dalam perusahaan, ia akan dengan mudah mengenali karakter kita, dan karakter kitalah yang akan dinilai pertama kali, bukan skill. lagipula percuma bukan kalau anda memiliki bawahan yang memiliki skill yang sangat tinggi tetapi karakternya sama sekali buruk? jadi, pertanyakan karakter anda, sudahkah anda memiliki karakter yang bernilai tinggi?

2. competence

apakah anda berkompetens untuk melakukan tanggung jawab anda, apakah anda memiliki passion dalam mengerjakan pekerjaan anda? karena apabila anda memiliki passion dalam pekerjaan anda, anda akan terus melakukannya walaupun terkadang jalannya sulit. bukanlah sebuah kesalahan mutlak apabila anda sedang melakukan pekerjaan yang bukan passion anda, namun akan lebih baik apabila anda melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion anda, karena anda akan lebih bisa berkembang dengan apa yang anda lakukan kalau anda memiliki passion didalamnya. pertanyakan kompentesi anda, apakah anda menjalani pekerjaan yang memang anda punya passion di dalamnya.

3. Chemistry

passion yang anda miliki akan membawa anda kepada chemistry terhadap apa yang akan anda lakukan pada pekerjaan anda. misalkan, kalau steve jobbs tidak memiliki chemistry dan passion akan soal gadget, siapa yang akan menyangka dia akan menjadi pesaing utama microsoft? bagaimana kalau steve berhenti mengikuti passionnya dengan gadget? bisa jadi apple tidak akan muncul. jadi bagaimana chemistry anda sekarang?

4. Culture

faktor ini adalah faktor tambahan, yakni faktor budaya yang berbeda-beda.

setiap dari kita adalah terang yang digunakan tuhan dalam hidup. mungkin kita tidak menyadarinya.tetapi setiap dari kita memiliki fungsi untuk sesama dan setiap dari kita bisa sukses dengan cara kita sendiri. benar setiap dari kita pasti ingin sukses tetapi jangan jadikan kesuksesan anda sebagai ultimate goal anda, tetapi usahakan kesuksesan yang anda miliki menjadi berkat untuk orang lain. bisa dari hal-hal yang kecil.ada beberapa sample kesuksesan yang bisa dicontoh dimana kesuksesan ini sangat berguna untuk orang lain.

1. Kiva - Loans that change lives.

Kiva adalah sebuah website yang bertujuan untuk membantu sesama, dimana anda bisa meminjam uang untuk usaha anda. jadi di kiva ini, akan ada proposal-proposal yang masuk dimana anda bisa menjelaskan kenapa anda membutuhkan uang, ada yang meminjam uang $50 untuk membuka usaha kancing, ada yang membuka untuk usaha mikro-infrastruktur dan lain sebagainya. dan kalau ada yang mau meminjamkan anda uang dan proposal anda disetujui, kiva akan memberikan uangnya kepada anda untuk mengembangkan usaha anda. dan ternyata banyak sekali usaha kecil yang bisa berkembang, bisa maju karena ada orang lain yang mau meminjami mereka uang untuk usaha mereka. ingat ini adalah pinjaman, jadi ketika usaha anda maju, anda harus mengembalikan uang yang anda pinjam.

2. TOMS SHOES - For every pair you purchase, TOMS will give a pair of shoes to a child in need. One for One.usaha sepatu bermerek TOMS ini juga adalah sebuah usaha yang kesuksesannya membantu orang lain. usaha sepatu ini menjanjikan satu hal yang sangat simpel yakni setiap sepasang sepatu TOMS yang terjual , TOMS akan memastikan memberikan sepasang sepatu kepada anak-anak yang membutuhkan. entah kualitas yang diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan itu sama bagusnya atau tidak, tetapi faktanya adalah banyak anak kecil yang terbantu karena ini, bayangkan, hanya sepasang sepatu. ada sebuah cerita dimana ibu-ibu berterima kasih kepada TOMS SHOES ini, karena sang ibu memiliki 3 orang anak hanya dengan 1 pasang sepatu, dimana sekolah anak-anaknya bersekolah, ada larangan untuk memasuki kelas apabila anak itu tidak memakai sepatu. jadi bagaimana tindakan si ibu? ia akhirnya memutuskan anak pertama sekolah hari senin, anak kedua sekolah hari selasa, dan anak ketiga sekolah hari rabu, jadi anak pertama harus menunggu lagi hingga hari kamis untuk bisa kembali bersekolah, tetapi dengan bantuan sepatu dari TOMS SHOES, ketiga anak sang ibu itu bisa bersekolah semuanya.

jadi apa yang harus kita lakukan? mari kita simak cerita Katherine Kane, ia mendirikan sebuah yayasan yang bertujuan membela hak-hak orang yang dijual (human/sex tracfiking). ini adalah testimoni dari orang yang berhasil menyelamatkan diri. jadi awalnya sekitar 60 orang wanita dimasukkan kedalam kontener lalu kontener itu berjalan ke beberapa tempat, dan pada saat dibuka yang masih hidup sekitar 30 orang karena yang lain mati kehabisan nafas, mayat-mayat yang sudah meninggal disingkirkan, lalu yang masih hidup diangkut ke beberapa tempat menggunakan perahu dan untuk menghindari pemeriksaan di perbatasan, para korban yang masih hidup dilemparkan ke laut dan disuruh berenang, jadi yang bisa berenang akan hidup dan yang tidak bisa berenang akan mati. kemudian barulah mereka sampai ke tempat tujuan dan dijual. saat Katherine Kane berhasil menyelamatkan para korban human tracfiking ini dan mulai menceritakan tentang tuhan, bukan ucapan terimakasih yang ia dapatkan, melainkan umpatan kemarahan. kenapa? karena para korban berkata "kalau memang tuhan itu ada, kenapa dia tidak datang lebih cepat? why dont you come sooner?... Katherine Kane berkata "you are right, it is my fault that we dont come sooner" berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam hidup dengan mengeluh, malas-malasan dan hal tidak penting lainnya? bukankah akan sangat baik kalau seandainya kita sehari lebih cepat? sebulan lebih cepat? atau kalau mungkin 1 tahun lebih cepat sehingga tidak ada orang yang akan menanyakan "why dont you come sooner?" kepada kita?

yang kita harus lakukan adalah menjadi seperti yang Katherine Kane ceritakan di leaders meeting. ia sedang bersama anaknya berada di pusat perbelanjaan wal-mart, dan anaknya sangat ingin membeli senter, dan ketika Katherine membayar senter itu, sang anak tidak sabar menggunakan senternya sehingga ia menyobek bungkus senter itu dan memencet tombol senter itu untuk melihat seberapa terangnya senter itu, namun karena cahaya lampu di wal-mart itu sangat terang, sang anak tidak dapat melihat seberapa terang senter yang ia beli, maka si anak mengatakan hal ini kepada katherine : mommy, can we go to the darkness?

berapa banyak dari kita yang ingin menjadi terang didalam gelap? tetapi mungkin yang biasanya kita lakukan adalah bukannya masuk kedalam gelap, kita menjauhi gelap itu.

terkadang karena kita terlalu sibuk dengan hal-hal duniawi kita, kita tidak bisa mendengarkan suara tuhan, tahukah bahwa tuhan berbisik kepada kita setiap hari, tetapi kita-nya lah yang tidak dapat mendengarkan. sama seperti stasiun radio, bukankah stasiun radio selalu mengudara setiap hari 24 jam penuh? tetapi kalau kita tidak bisa menerima siaran radio tersebut, apakah yang salah adalah stasiun radionya? tentu saja bukan, yang menjadi masalah adalah antena radio kita. jadi pertanyaannya seberapa baikkah antena radio kita? mungkin tuhan tidak berbisik sebanyak satu paragraf kepada kita. yang ia bisikan hanyalah 1-2 kata kepada kita. berikut adalah beberapa kata yang tuhan sering bisikan kepada kita setiap hari :

Dont quit

apologize now

step upget healths

how your heart

feed your soul

do something more impactful

celebrate the victory

speak the truth

count your blessings

count the good things (that happened because of somebody else did it)

check your motives

set the pace

give god your best

serve your spouse

Make the tough decision

Slow down

Lead others to lead

Bless the team

Make the ask

Come clean

Embody the vision

Stop the secret

Get physically fit

sudahkah anda mendengar bisikan tuhan hari ini? ^_^

No comments:

Post a Comment