Tuesday, October 19, 2010

All things new

Ibarat bangunan, di tahun-tahun awal kita sibuk membangun sebuah fondasi, yang pertama kali diletakkan dalam membangun bangunan ada fondasi, dan ketika fondasi selesai, kita lanjut membangun dengan membangun kondisi fisik bangunan. jadi sebenarnya apa yang sibuk kita bangun? jawabannya nilai/ value.

dikatakan dalam kamus, value adalah : prinsip-prinsip pribadi/ukuran tingkah laku/ pertimbangan tentang apa yang penting dalam kehidupan.

nilai seseorang terhadap sesuatu menentukan tingkah lakunya. misalnya kalau seseorang yang baru membeli mobil baru yang tinggi nilainya, maka mobil tersebut akan diperlakukan secara luar biasa karena tinggi nilainya. sesuatu yang kita nilai tinggi nilainya, akan sangat menentukan prilaku kita.

jadi kita sibuk untuk membentuk nilai. nilai seperti apa yang yang kita bentuk? bisa jadi nilai antusias, kreatif, kontemporer, tertib, well managed, organize, excellent dan lainnya.

tuhan mau kita bercahaya dan bagaimana kita bisa bercahaya kalau kotoran/debu menutupi kita? sesuatu bisa bercahaya kalau segala sesuatu yang menutupinya hilang.

filipi 2:12-16
2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.
2:14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,
2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,
2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Alkitab mengatakan tuhan ingin kita tidak beraib dan tidak bernoda di angkatan yang sesat ini. kalau kita berbicara value, berarti kalau kita mau value yang kita pegang kita pelihara dengan baik maka kita harus mengerjakan keselamatan kita, dan itu tidak mudah karena di sekeliling kita, orang tidak memiliki value yang berbeda. dan tentu ada yang senang dengan value yang kita pegang, tetapi ada juga yang tidak senang dengan value yang kita punya dan mereka berusaha menurunkan value kita. dan setiap orang pasti sibuk menaikkan value-nya sendiri.

contoh value yang kita bisa pegang tinggi adalah dalam pernikahan, dimana kita stuck dengan 1 orang, berusaha menyelesaikan setiap masalah yang datang bersama dengan pasangannya. tidak menyerah, karena banyak diluar sana pasangan menikah yang begitu kena masalah, mereka menyerah dan bercerai dan menikahi orang lain, dan ini banyak terjadi. oleh karena itu alkitab mengatakan, kerjakanlah keselamatanmu. kita harus bekerja terus. tidak mudah berenang melawan arus dan tidak mudah menjadi excellent ditengah orang yang tidak excellent. tidak mudah menjadi tertib ditengah2 kekacauan. tidak mudah melakukan sesuatu tanpa pamrih ditengah orang yang bertanya "untungnya apa untuk saya?" ..

Sulit untuk menyempurnakan orang lain kalau kesejahteraan kita sendiri tidak sempurna.

No comments:

Post a Comment