Monday, October 4, 2010

Community Of Believers Part.7 - Roh Kudus

Yohanes 14:12
14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Mata Tuhan selalu mencari iman di muka bumi ini. Bahkan dikatakan bahwa kita akan melakukan hal-hal yang lebih besar daripada tuhan yesus sendiri, bukankah ini menakjubkan?

Bayangkan kita bisa memberi makan 5000 orang lebih, bisa berjalan di atas air, bisa memindahkan gunung, tetapi berapa banyak dari kita yang merasa kita tidak bisa melakukan itu padahal sebenarnya kita bosan dengan hidup yang biasa-biasa saja. Kalau anda memimpikan untuk hanya bisa memberkati keluarga atau komunitas kita saja, maka ketahuilah bahwa mimpi yang anda miliki terlalu kecil, karena kenapa? Karena tuhan mengatakan kita akan memberkati bangsa-bangsa, jadi bukan hanya keluarga atau komunitas saja.

Dan ini yang hebat, yang meminta roh kudus untuk kita adalah tuhan yesus sendiri, bukan kita yang meminta. Kenapa? Karena ingat pada pelajaran pertama disaat surge kehilangan koneksi dengan kita, pihak surga-lah yang kebakaran jenggot mencari cara bagaimana caranya bisa tersambung kembali kepada kita. Perhatikan bahwa kata “penolong” disini adalah : the one beside me/another one just like me, berapa lama penolong ini akan bersama kita? 1 minggu? 1 bulan? Bukan, tetapi selama-lamanya.

Yang perlu diperhatikan dan ini penting adalah, pada jaman Perjanjian Lama, dikatakan bahwa roh kudus tidak pernah berada didalam seseorang, ia selalu berada diatas seseorang, misalnya “Roh kudus berada diatas petrus, roh kudus diatas matius, dsb”, jadi posisi roh kudus adalah diatas seseorang (ON), tetapi pada kitab perjanjian baru, posisi roh kudus berubah menjadi didalam seseorang (IN), ia berada didalam hati dan jiwa seseorang karena setiap detail bait Allah adalah tentang kita. ayat korintus dan yohanes berikut ini menjelaskan.

--------------------------------------

1 Korintus 3:16-17
3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
3:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

Yohanes 14:17
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

--------------------------------------

KEPRIBADIAN ROH KUDUS.
Roh kudus bukanlah sesuatu, tetapi ia adalah seseorang, ia adalah seorang pribadi dan ia tidak dapat dimanipulasi, berikut adalah berbagai macam kepribadian roh kudus.

Roma 8:27
8:27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.
Roh kudus memiliki maksud, maksudnya adalah bahwa roh kudus memiliki pikirannya sendiri.

1 Korintus 12:11
12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
Ia memiliki kehendak. Setiap orang memiliki talenta dan berkat karunia roh-nya masing-masing. Dan masing-masing karunia roh yang kita terima ini adalah kehendak dari pada kemauan roh kudus itu sendiri.

Efesus 4:30
4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
Roh kudus memiliki perasaan, jadi ingat, tanpa kita hidup bersama dengan orang lain pun sebenarnya kita tidak hidup sendiri, karena kita sudah hidup berdua dengan Roh Kudus. Contoh spesifiknya adalah efesus pasal 4. Disini diceritakan tentang manusia baru

Matius 12:31-32
12:30 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.
12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.
Roh kudus dapat dihujat, tetapi ini pun dimaksudkan dengan lebih spesifik. Jadi, kapan kita menghujat roh kudus? Pada ayat Matius 12:22-27 dalam perikop cerita yesus dan Beelzebul(iblis), dikatakan oleh yesus bahwa janganlah menghujat roh kudus, karena pekerjaan roh kudus adalah mengerjakan pekerjaan Allah seperti menyembuhkan dll, tetapi dikatakan juga, bahwa pencuri datang untuk mencuri, jadiBelzebub meniru pekerjaan roh kudus tetapi tujuannya untuk memanipulasi tujuan roh kudus.jadi Belzebub sendiri menghujat roh kudus.

Kisah para Rasul 5:3
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
Roh kudus dapat dibohongi? Maksudnya ada orang yang berusaha membohongi roh kudus. Tentu saja roh kudus tidak dapat dibohongi karena ia tahu setiap hati dan pikiran manusia sebelum manusia melakukannya.

Contoh yang tepat untuk ini adalah cerita tentang Ananias dan Safira. Diceritakan bahwa pada zaman itu, anggota jemaat Kristiani memiliki kekompakan yang kuat, sehingga mereka setuju untuk menjual semua harta mereka untuk membeli lahan untuk mereka bisa berjemaat, ada seorang bernama Ananias dan Safira yang akhirnya menjual lahan mereka untuk persembahan untuk gereja tuhan, tetapi Ananias dan safira tidak rela memberikan semuanya kepada tuhan, jadi mereka menyimpan sebagian hasil penjualan tanah itu untuk mereka, singkat cerita, ketika sampai di tempat mereka harus menyerahkan hasil harta mereka, seorang hamba tuhan diberitahu oleh roh kudus bahwa Ananias dan safira tidak jujur, atau berusaha membohongi roh kudus.

Ketika Ananias dipanggil terlebih dahulu oleh hamba tuhan itu untuk ditanyakan apakah Ananias sudah memberikan semuanya untuk tuhan, Ananias berkata “sudah semua” tetapi roh kudus mengetahui hal ini dan Ananias meninggal saat itu juga, kematian juga menimpa Safira saat hamba tuhan itu menanyakan hal yang sama kepada Safira. Dan hamba tuhan itu adalah Petrus.

--------------------------------------

Pertanyaannya adalah apakah kita akan langsung meninggal saat membohongi roh kudus? Mohon diingat bahwa kisah para rasul bukanlah kitab doktrin tetapi hanya kitab yang bersifat naratif, dan kita ingat bahwa Petrus sendiri menyangkal dirinya 3x dan ia tidak mati seketikan bukan?

Jadi ini hanyalah kitab naratif yang memberitahukan kepada kita, bahwa hukumnya serius kalau kita membohongi roh kudus secara sengaja. Kebanyakan kitab yang penting untuk kita perhatikan adalah surat-surat / kitab yang bersifat doktrin yang ditujukan untuk gereja dan saking pentingnya, biasanya surat-surat untuk gereja biasanya diulang dan ada saksi minimal dua orang, maksudnya untuk penegasan, ada orang di timur memberitakan hal yang sama, dan ada orang di barat yang mengulang hal yang sama. Karena tuhan berkata dimana ada 2 atau 3 orang bersaksi / bersama, disitulah aku ada.

--------------------------------------

Perhatikan bahwa setiap orang percaya memiliki panggilan percayanya sendiri yakni a certain disciples, sedangkan untuk mereka yang belum percaya mereka disebut a certain man/woman, seperti Ananias dan safira, mereka bukanlah a certain disciples, di alkitab mereka dikatakan hanya a certain woman/man.

Setiap orang percaya juga pasti memiliki roh kudus, kenapa? Karena terang tidak bisa bersatu dengan gelap, jadi tidak mungkin iblis dan roh kudus memiliki 1 tempat di hati manusia. (ayat 3)

--------------------------------------

Kisah para rasul 7:51
7:51 Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
Roh kudus dapat ditentang. Konteksnya lihatlah cerita tentang stefanus yang dirajam, nenek moyang Israel menunggu juru selamat, tetapi mereka sendiri yang menentang berita itu.

Kisah para rasul 16:6-7
16:6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.
16:7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

Roh kudus bisa memberi perintah kepada kita, ia dapat berkata-kata kepada kita. Banyak orang Kristen yang seperti ini : mereka menunggu damai sejahtera dahulu, baru mereka bertindak. Banyak orang Kristen yang tidak bertindak karena mereka bingung karena terlalu banyak pilihan, jadi mereka berpikir “mana yang paling memberika damai sejahtera ya? Itu yang akan saya ambil”.. permasalahannya ini adalah pemikiran yang keliru, kenapa kita harus mencari damai sejahtera? Bukankah memang default mode kita sebagai orang percaya adalah damai sejahtera? jadi kita harus memilih keputusannya dahulu secara matang, lalu bagaimana kalau salah? Tenang, kalau memang salah, toh kudus akan membantu kita kepada jalan yang benar karena ia adalah penolong untuk kita.

Roma 8:26
8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
Roh kudus dapat membantu kita berdoa. Bukankah ini sangat melegakan? Jadi jangan takut untuk berdoa kepada tuhan, kepada ia mengirimkan roh kudus untuk berdoa kepadaNya? Karena tuhan tahu doa kita payah, dan bahasa manusia kita terbatas, oleh karena itu roh kudus dikirim untuk membantu kita berdoa, jadi undanglah roh kudus menemani anda berdoa setiap kali anda berdoa kepada tuhan, ia akan membantu anda.

1 Korintus 2:10
2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
Ia roh yang dapat menyelidiki.

Ibrani 9:14
9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.
Ia adalah roh yang kekal

Mazmur 139:7-10
139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.
139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,
139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.
Ia adalah roh yang maha hadir, ia ada dimana-mana.

Lukas 1:35
1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Ia adalah roh yang diberi kepada kita secara penuh, bukan roh yang setengah-setengah.

--------------------------------------

PEKERJAAN ROH KUDUS (apa sih yang ia lakukan?)

Yohanes 14:16
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Ia adalah seorang penolong, karena tuhan mengetahui benar kita butuh seorang penolong yang bisa menunjukkan kepada kita arah yang benar. dan kenapa demikian? karena perjalanan iman kita tidak akan pernah lengkap dan benar arahnya tanpa bantuan roh allah ini.

Yohanes 14-17
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Yohanes 14:26
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Tugas roh kudus adalah penghibur, kenapa ia perlu menghibur kita? Karena tuhan tahu tidaklah mudah untuk manusia untuk menjalani kehidupannya, akan ada masa-masa sulit dan susah dalam kehidupan, oleh karena itu sudah menjadi tugas roh kudus untuk menghibur kita ketika kita meminta ia untuk menghibur kita.

Tugas kedua adalah pengajar dan juga sebagai pengingat kita, karena manusia seringkali lupa oleh karena itu roh kudus mengingatkan kita. karena iman didasari oleh pendengaran, dan kita seringkali lupa apa yang kita dengar, oleh karena itu kita harus sering membaca firman tuhan sehingga roh kudus dapat mengingatkan kita akan apa yang kita lupa.

Yohanes 15:26
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Roh kudus akan membantu kita bersaksi kepada tuhan bahwa kita sudah menerima diriNya sebagai juru selamat kita, dan kita akan diyakinkan atas pengorbanan tuhan yesus di dunia.

Yohanes 16:8-11
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

Kita perlu diinsafkan atas dosa untuk mereka belum percaya, kenapa perlu diinsafkan? karena satu-satunya jalan untuk menuju keselamatan adalah dengan menerima yesus sebagai juruselamat kita dan kita harus percaya kepadaNya.
kenapa kita perlu diingatkan untuk hidup benar dihadapan Tuhan? karena pada dasarnya kita tidak layak dihadapan tuhan. dan kita juga diingatkan akan penghakiman karena tuhan mengatakan penguasa dunia yaitu iblis sudah dikalahkan.

Yohanes 16:13
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Roh kudus memimpin kita dalam kebenaran sebagai bentuk antisipasi bagi kita dalam melawan dosa-dosa dan kejahatan yang berasal dari dunia ini.

Yohanes 16:14
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Kita harus menguji hati kita, kepada siapakah puji-pujian kita hantarkan? Apakah kepada manusia atau barang duniawi? karena roh kudus ingin kita memuliakan allah karena roh kudus sendiri memuliakan allah dan ia akan membantu kita memuliakan allah bersama-sama.

Yohanes 16:33
16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."
Roh kudus dapat menghidupkan perkataan-perkataan firman tuhan, maksudnya ia dapat menguatkan hati kita ketika dunia ini seakan meninggalkan kita dengan segala ke-fana-annya.

Roma 8 :26
8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
Kita memiliki banyak sekali kelemahan dan keterikatan terhadap dunia, oleh karena itu roh kudus diutus untuk kita agar bisa memerangi kelemahan kita.

Roma 8:11
8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
Roh kudus yang berada didalam tubuh kita adalah roh yang sangat tinggi kuasanya, ia adalah roh dengan kualitas first class, bukan second class/third class. bayangkan! kita memiliki roh yang sama yang bisa membangkitkan yesus dari kematian.

1 Korintus 2 :9-12
2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.
2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.
Roh kudus membimbing kita kepada hal-hal yang menakjubkan dari allah. kenapa? karena perjalanan rohani kita bukanlah seperti pengemis yang meminta-minta. berapa banyak dari kita yang bermental "pengemis" kepada tuhan? kita merengek-rengek minta banyak hal. tidak, bukan itu kehidupan rohani yang tuhan mau, tetapi ia ingin agar kita berjalan bersama roh kudus dan akhirnya menemukannya. (Roma 8:32 "Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?")

No comments:

Post a Comment