Monday, October 4, 2010

Community of believers part.4 - Mengapa Iman itu penting

Mengapa IMAN itu penting

Ibrani 11 : 6
11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Matius 14 : 31
14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"

Matius 16 : 8
16:8 Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya!

Matius 8 : 26
8:26 Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.

Matius 6 : 30
6:30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?

Lukas 12 : 28
12:28 Jadi, jika rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api demikian didandani Allah, terlebih lagi kamu, hai orang yang kurang percaya!

------------------------------------------------------------------------

Contoh2 pada saat Yesus menegur muridnya: "Oh you of little faith" Masalahnya adalah kekurangan iman!

1 Yoh 5 : 4
5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.
Iman memadamkan serangan iblis yg disebut PERISAI IMAN. Iblis biasanya menyerang pikiran kita, mengusik identitas manusia sbg pengikut Kristus. IMAN sbg DASAR dan BUKTI dan PERBUATAN dalam menjalani hidup. Didasarkan atas iman dan dihidupi sbg bukti.

Roma 4 : 19
4:19 Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup.
Speaks about Abraham.Tetapi thd janji Allah ia tidak bimbang dan memperkuat imannya. Iman bisa menjadi lemah dan bisa menjadi kuat.

2 Kor 10 : 15
10:15 Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami.
Iman dapat bertumbuh, iman tidak statis, iman bisa bertambah kuat.

1 Tim 1 : 9
1:9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
Iman bisa kandas krn manusia tidak bertindak meskipun mendengarkan suara Tuhan.

Lukas 22 : 32
22:32 tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu."
Iman bisa gugur pada saat Iblis mencobai dan mengikutinya.

Yak 2 : 17
2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
Iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati.

-----------------------------------------------------------------------------
Ukuran iman

Roma 12 : 3
12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Markus 4 : 40
4:40 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"
1. No faith , sama sekali tidak ada iman.

Matius 6 : 30
6:30 Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?
2. Little faith , kurang percaya. Karena manusia kerap khawatir.

Matius 8 : 10
8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
3. Great faith , iman yg besar.

Kisah Para Rasul 6 : 5
6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
4. Full of faith , penuh dengan iman.

-----------------------------------------------------------------------------

Bagaimana caranya beriman?

Roma 10 : 17
10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Yoh 6 : 63
6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.
Modalnya iman adalah firman. "Rohlah yg memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna"

2 Kor 5 : 7
5:7 --sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat--
Faith will cause you to walk! Iman bukan pasrah tetapi AKTIF, ada sesuatu yg dikerjakan, harus ada buktinya.

2 Yakobus 2 : 22
2:22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Step 2
Ibrani 12 : 2
12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.
Mata kita tertuju pada Yesus yang memimpin kita dalam iman, dan yg membawa iman kita itu di dalam kesempurnaan.

Yakobus 1 : 6-8
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Ibrani 10 : 3
10:3 Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa.

2 Tim 1 : 18-19
1:18 Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya. Betapa banyaknya pelayanan yang ia lakukan di Efesus engkau lebih mengetahuinya dari padaku.


Contoh2 cerita ttg iman
Lukas 5 : 20
Kej 13 : 1-13
Matius 14 : 22-33
Markus 5 : 25
Markus 10 : 46-52
Lukas 5 : 17
Yohanes 9 : 1-7
Kej 12 : 1-4c

No comments:

Post a Comment