Tuesday, October 5, 2010

Community Of Believers Part.2 - Karya Penebusan

Karena dosa maka sejak lahir kita dilekatkan dengan hal-hal yang negatif oleh karena itu kebaikan karena hal-hal negatif dapat kita lakukan tanpa perlu seorang pun mengajari kita.

Manusia seharusnya menjadi terang karena tuhan adalah terang dan karena kita adalah ciptaan tuhan maka sudah seharusnya kita juga menjadi terang, karena sebenarnya dunia ini adalah gelap.

Dan oleh karena kita tahu kita seharusnya menjadi terang, maka kita seharusnya tahu bagaimana menjadi terang di dunia ini.

Roma 6:23
6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Di pelajaran sebelumnya kita belajar bahwa sebenarnya manusia dan Tuhan awalnya tersambung, lalu karena dosa masuk, maka hubungan kita dengan tuhan terputus, dan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi hanya dapat kita dapatkan dari sumbernya, yaitu tuhan allah. Kita ambil contoh koneksi internet yang terputus dari pusatnya, berbagai macam cara bisa kita lakukan sebagai manusia, namun itu semua akan percuma karena yang bisa menghubungkan kembali koneksinya harus dari psuat atau sumbernya.

Misalnya kita mencoba mengotak-ngatik komputer/laptop kita saat koneksi internet terputus, tentu saja usaha ini sia-sia selama pihak sumber tidak berusaha menyambungkannya kembali. banyak cara yang dilakukan oleh manusia untuk bisa terhubung kembali dengan Tuhan dimana salah satu caranya adalah lewat agama. Tetapi sesibuk-sibuknya manusia mencari cara untuk bisa tersambung dengan tuhan, surga sebagai sumberlah yang lebih sibuk lagi berinisiatif menghubungkan kembali hubungan surga dengan manusia. bayangkan kita terputus koneksinya dengan surga hanya karena 1 dosa yang dilakukan oleh adam. buktinya ada di ayat berikut :

Roma 5:15-16
5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.

Adam melakukan 1 dosa dan akibatnya seluruh manusia berdosa, tetapi Tuhan kita Yesus kristus melakukan 1 keselamatan dan semua manusia bisa selamat. permasalahannya adalah banyak orang yang menolak keselamatan itu sendiri walaupun keselamatan datang kepada manusia. Banyak orang mencari cara dengan pengertiannya sendiri untuk mendapatkan keselamatannya, misalnya cukup banyak manusia berpikir apabila mereka berbuat baik, mereka akan masuk ke dalam surga, pertanyaannya adalah, seberapa banyak kebaikan yang dapat kita lakukan apabila pikiran dan perkataan kita seringkali berdosa? Karena kebaikan manusia itu relatif (tidak ada patokan)

------------------------------------

1 Petrus 3:18
3:18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

Pribadi yang diutus allah adalah anaknya, Yesus kristus supaya hubungan yang terputus kembali dapat tersambung lewat diriNya. Itu adalah misi dari Yesus, dan yang berinisiatif mengirimkan yesus adalah pihak Allah Bapa di surga, bukan dari manusia itu sendiri. Berikut adalah ayat-ayat peneguhan tentang misi Yesus sebagai utusan dari allah untuk menyambungkan kita kembali dengan surga :

------------------------------------

Yohanes 1:14
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

------------------------------------


Yohanes 5:24-25
5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.
5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.

------------------------------------

Yohanes 14:6
14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Banyak orang menolak Yesus, karena banyak orang di dunia ini yang tidak mempercayai yesus dengan perkataan ini walaupun sebenarnya mereka membutuhkan jakan suoaya bisa tersambung kembali dengan tuhan sebagai sumber mereka. Dan kita tahu bahwa kebaikan yang dilakukan manusia tidaklah cukup untuk bisa tersambung kembali dengan Tuhan, tidak ada satu ayat pun di alkitab yang mengatakan kebaikan manusia itu cukup untuk bisa kembali tersambung kembali dengan tuhan, karena kebaikan manusia itu relatif.

Dan pemikiran seperti ini memblok koneksi dari pusat, kita berpikir kita bisa menyambungkan kembali dengan kekuatan kita koneksi kita dengan tuhan, hal itu tidak bisa, karena harus dari sumbernya-lah yang menghubungkan terlebih dahulu koneksinya.

------------------------------------

Yohanes 10:10
10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Dikatakan disini Aku datang supaya mereka mempunyai hidup? Kepada siapa tuhan mengatakan ini? kepada manusia bukan? dan apakah manusia itu hidup? Benar, mereka hidup tetapi sebenarnya mereka mati, mereka mati karena tidak memiliki keselamatan karena terputus dari sumbernya, dan hidup yang dimaksud oleh Allah disini bukanlah sekedar hidup, tetapi hidup yang dimaksud adalah hidup yang berkelimpahan yang sesuai dengan rencana-Nya. karena ada begitu banyak hal yang tuhan ingin lakukan dengan hidup kita secara maksimal asalkan kita berserah kepada-Nya.

Benar bahwa banyak orang di luar sana secara materi sukses dalam ukuran dunia, tetapi apakah mereka benar-benar melakukan apa yang memang tuhan ingin mereka lakukan? Banyak orang yang secara materi berkelimpahan namun mereka merasa tidak terpuaskan, mereka mencari jati diri mereka, mereka mencari tujuan mereka, ada sesuatu dari diri mereka yang tidak terpenuhi, padahal kita lahir di dunia untuk terpuaskan oleh karunia tuhan.

------------------------------------

Yohanes 3:16-18
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

------------------------------------

Kolose 1:14
1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

------------------------------------

2 Korintus 5:21
5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Dikatakan bahwa Yesus yang tidak mengenal dosa telah dijadikan dosa. Mari kita lihat perumpamaan berikut, apabila anda sedang dalam usaha membuat sebuah handphone dengan segudang fitur yang telah menguras tenaga, pikiran, waktu, harta anda selama katakanlah 10-15 tahun, lalu ketika handphone tersebut selesai dibuat, seorang pencuri mengambil handphone tersebut, apa yang akan anda lakukan?

Tentu saja anda akan mencari siapa pencurinya dan ketika pencuri itu diketemukan yang ingin Anda lakukan adalah mungkin menebus kembali handphone tersebut, bukan? Karena handphone itu sangat berarti untuk anda. Bisa jadi handphone yang telah anda rencanakan dengan susah payah itu bisa jadi rusak di tangan pencuri itu, bisa jadi penggunaannya tidak maksimal dan lain sebagainya, intinya kita akan mati-matian mendapatkan barang itu kembali ke tangan kita.

Begitu juga yang dilakukan oleh allah. kita dicuri oleh Iblis dari allah agar kita tidak memiliki kehidupan. Dan karena kita begitu sangat berharga, maka allah mengutus anaknya dalam misinya menebus kita sebagai gantinya. Dan karena kita sangat begitu berharga dan besar kasihNya kepada kita, ia berinisiatif mengirimkan anaknya agar kita tersambung kembali denganNya. Dan bayangkan apabila barang tersebut dalam ilustrasi diatas dapat ditebus kembali, siapakah yang paling berbahagia? Tentu saja si pencipta barang tersebut.

Begitu juga dengan kita, apabila kita dapat ditebus melalui anaknya, Allah bapa di surga akan bersuka cita .. sangat bersukacita. Karena apabila kita telah didapatkan kembali olehNya, segala rencana yang telah ia rencanakan dapat dilaksanakan kembali dan tujuan ia menebus kita bukan hanya untuk membawa pulang kerumahNya, tetapi agar setiap rencana indahnya terwujud. karena tuhan memberikan kita talenta dan ia ingin agar kita mengembangkan talenta kita di dunia.

Sama seperti handphone dalam ilustrasi diatas, talenta kita adalah sama seperti fitur-fitur yang ada di dalam sebuah handphone, dan sebagai pembuat handphone itu, tentu kita ingin pengguna handphone yang kita ciptakan dapat menggunakan fitur-fitur yang ada didalam handphone itu secara maksimal, agar setiap pengguna barang ciptaan kita merasa terpuaskan dengan apa yang kita berikan.

Begitu juga dengan kita, kita memiliki banyak fitur dalam diri kita yang diberikan oleh allah yaitu talenta, dan Tuhan ingin kita menggunakan talenta kita secara maksimal, karena apabila kita menggunakan talenta kita secara maksimal, maka kita akan terpuaskan, dan tentu saja allah juga akan lebih puas.

Ingatlah bahwa kepuasan allah sudah pasti menjadi kepuasan kita. Kenapa Allah ingin agar kita mengembangkan talenta kita di dunia? Tuhan allah bisa saja menaruh kita di dunia ini, menebus kita lalu membawa kita pulang secepat kilat, bahasa bodohnya, lahir-hidup selama 1-2 tahun- dibawa pulang kembali. Tetapi itu bukan cara allah, Tuhan ingin agar kita mengerjakan keselamatan kita, memang benar kita sudah ditebus oleh anaknya, tetapi keselamatan kita harus dikerjakan, diusahakan. Karena walaupun kita sudah selamat dan tersambung kembali, tuhan tidak mau kita tersambung sendirian, masih banyak orang di dunia ini yang belum atau tidak tersambung denganNya dan tuhan ingin agar kita terselamatkan dengan orang-orang lain.

------------------------------------

Bagaimana agar hubungan yang terputus itu tersambung kembali?

Kisah para rasul 3:19 dan Kisah para rasul 26:20
3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
26:20 Tetapi mula-mula aku memberitakan kepada orang-orang Yahudi di Damsyik, di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea, dan juga kepada bangsa-bangsa lain, bahwa mereka harus bertobat dan berbalik kepada Allah serta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pertobatan itu.

Ini adalah langkah agar hubungan kita tersambungkan kembali, kita semua harus secara sadar bertobat, mengakui seluruh kesalahan kita di hadapan Tuhan.

Yohanes 3:5-7
3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Ini adalah langkah kedua. setelah kita mengakui seluruh dosa kita, maka kita harus dilahirkan kembali, apa maksud dari dilahirkan kembali? Maksudnya adalah kita meninggalkan kehidupan lama kita, karena apabila kita dilahirkan kembali, otomatis harus ada yang mati yaitu kehidupan lama kita.

------------------------------------

Roma 10:9-10
10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Langkah terakhir adalah kita mengakui dengan mulut kita bahwa yesus adalah tuhan. ini adalah kuncinya agar kita terselamatkan.

------------------------------------

1 yohanes 1:9
1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Efesus 2 :8-10
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Roma 3 :23-24
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

------------------------------------

Perhatikan bahwa ada 3 sikap yang dilakukan manusia saat mereka mendengar keselamatan.
Sikap 1 :
Terus berjalan kearah maut walaupun mereka sudah mendengar tentang bagaimana mencari keselamatan itu.

Sikap 2 :
Mereka mendengar keselamatan itu, mereka berbalik melihat kearah keselamatan itu, tetapi mereka tidak memutuskan untuk berjalan kearah keselamatan itu, sehingga mereka tetap berjalan menuju arah maut.

Sikap 3 :
Mereka mendengar keselamatan itu, berbalik arah, dan mengusahakan sekuat tenaga menuju arah keselamatan walau berat jalannya. Pertanyaannya, sikap manakah yang ingin anda miliki?

No comments:

Post a Comment